Biaya dan Syarat Kuliah di Jerman yang Wajib Dipenuhi

Syarat Kuliah di Jerman - Setiap kita memasuki babak studi baru, pasti ada persyaratan yang harus kita ikuti. Misalnya dari lulus SMP melanjut ke SMA, kita harus mempunyai izajah atau surat tanda lulus dari sekolah asal kita, membayar biaya-biaya administrasi ditambah lagi saat ini sudah ada sistem zonasi, semuanya merupakan syarat.

Syarat dan biaya kuliah di Jerman

Syarat dan biaya kuliah di Jerman, image by freepik.com


4 Syarat Kuliah di Jerman

Sama halnya ketika Anda juga ingin kuliah di Jerman, ada syarat kuliah di Jerman yang wajib Anda ikuti supaya Anda bisa diterima menjadi mahasiswa disalah satu universitas di Jerman. Dan bagi Anda yang ingin kuliah di Jerman Anda wajib tahu apa saja syarat kuliah di Jerman berikut ini:

1. Bahasa Jerman

Bahasa Jerman adalah salah satu syarat kuliah di Jerman yang mutlak, artinya tidak ada tawar menawar lagi untuk persyaratan yang satu ini. Jadi bagi Anda yang merasa fasih bahasa Inggris namun tidak bisa bahasa Jerman, jangan merasa yakin bahwa dengan fasih bahasa inggris Anda bisa menakhlukkan Jerman.

Tidak hanya pintar dalam bahasa Jerman tetapi juga harus dibuktikan dengan sertifikat bahasa Jerman. Anda mungkin tidak asing lagi dengan sertifikat bahasa Jerman A1, A2, B1, B2. Itu adalah tingkatan kemampuan bahasa Jerman, dan setiap universitas memiliki syarat yang berbeda-beda.

2. Bebas Penyakit Menular

Ketika Anda mendaftar untuk test kuliah di Jerman, Anda sudah harus melengkapi surat bebas penyakit menular. Jadi Anda memang benar-benar memiliki tubuh yang fit tanpa penyakit dna juga tidak akan menularkan satu penyakit ke teman Anda atau siapapun di daerah Jerman.

Ini memang persyaratan dari pemerintah Jerman, dimana Jerman merupakan negara yang paling banyak menerima mahasiswa internasional setiap tahunnya, jadi harus steril dari penyakit-penyakit menular.

3. Pasport

Negara mana pun yang Anda tuju, baik hanya untuk transit bAndara, pasport adalah ID yang wajib Anda punyai. Dan demikian ketika Anda ingin kuliah di Jerman Anda sudah harus memiliki pasport, dan sebagian univeristas sudah meminta nomor ID pasport saat Anda masih mendaftar atau pengajuan untuk bisa mengikuti test di Jerman. Jadi jika belum punya, segera Anda urus.

4. Visa Pelajar

Tanpa visa pelajar pastinya Anda tidak akan diterima di universitas manapun. Jadi Anda bisa urus terlebih dahulu visa pelajar Anda sebelum Anda berangkat mengikuti panggilan test tertulis dari universitas di Jerman.

Dan ketika Anda kuliah dan ingin kerja freelance, visa ini juga akan diminta sebagai bukti Anda hanya seorang pelajar dan hanya bisa bekerja sesuai dengan aturan pemerintah untuk para mahasiwa yang diluar dari Eropa.


Biaya Kuliah di Jerman Sangat Terjangkau

Mungkin kuliah di Jerman bisa menjadi salah satu solusi yang menarik untuk dijadikan rencana Anda. Kenapa kuliah di jerman perlu dipertimbangkan juga? Karena sebagai salah satu negara maju, negara industri besar di eropa barat dan bagian dari negara G20 (Group of twenty), jerman memiliki sistem pendidikan yang amat berkualitas.

Biaya kuliah di Jerman sendiri amat terjangkau, jika dibandingkan dengan kuliah di Inggris, kuliah di perancis ataupun kuliah di negara-negara semenanjung skandinavia seperti Finlandia, Norwegia dan Swedia. Itu karena alasan utama Jerman memberlakukan sistem pembiayaan pendidikan yang berbeda dibandingkan negara-negara Eropa Barat lainnya.

Biaya kuliah di Jerman terutama untuk biaya pendidikan di kampus-kampus di bawah pemerintah sangat terjangkau, karena pemerintah jerman memberlakukan sistem subsidi untuk kampus-kampus negeri di jenjang program sarjana.

Jika Anda berkuliah program sarjana (undergradute) di jerman, maka biaya kuliah di Jerman Anda bisa menurun drastis karena mayoritas program undergraduate memberlakukan biaya pendidikan nol persen, hanya sedikit yang memberlakukan biaya pendidikan.

Lalu kenapa masih menggunakan perangkingan untuk melihat tujuan kuliah di Jerman? Nah ini berkaitan dengan riset dan program studi yang Anda pilih. Lembaga lembaga ranking internasional biasanya menilai kemampuan universitas untuk melakukan riset, jumlah pengajar dan juga publikasi setiap tahunnya.

Dengan melihat hasil perangkingan ini, Anda bisa melihat dan memastikan mendapat jurusan terbaik di universitas terbaik yang bisa memberikan dukungan riset, paten dan publikasi terbaik bagi Anda, sehingga Anda bisa memaksimalkan kuliah di jerman yang terjangkau ini mendapat manfaat yang sebesar-besarnya.

Lembaga lembaga perangkingan internasional yang seringkali dipakai untuk mengukur pertimbangan kuliah di jerman adalah QS World University Ranking, Webometrics, dan juga Times Higher Education Supplemen.

Nah, itulah tadi pemabahsan singkat mengenai 4 syarat kuliah di Jerman dan biayanya yang wajib Anda penuhi sebelum Anda kuliah di Jerman, semoga bisa Anda pahami dengan baik dan Anda berhasil menjadi salah satu mahasiswa internasional di universitas yang Anda impikan di Jerman.