Contoh Analytical Exposition about Smoking dan Artinya

Rokok memang sudah menjadi isu umum yang banyak dibahas oleh berbagai kalangan, baik dari pihak pro maupun kontra. Topik rokok ini memang banyak menyita perhatian khalayak umum karena efeknya terhadap kesehatan memang tak terelakkan. Oleh karenanya, banyak pelajar yang ingin membahas topik ini ke dalam berbagai tugas penulisan mereka, salah satunya dalam penulisan analytical text.

contoh analytical exposition smoking dan artinya

Contoh analytical exposition about smoking, designed by freepik.com

Ok, jika kamu sedang mencari referensi analytical text untuk tugas sekolah, berikut ContohText sajikan salah satu contoh teks analytical exposition about smoking lengkap dengan arti terjemahannya.

Contoh Analytical Exposition about Smoking dalam Bahasa Inggris

Harmful Effects of Smoking

It is not a secret that smoking can cause several serious health problems. However, most smokers just ignore the health warning that is obviously mentioned on cigarette’s pack. They may find the habit invigorating at some times and relaxing at others, but they do not aware that it could be deadly and dangerous. So what are the harmful effects of smoking?

One of the greatest dangers of smoking is the increased risk of cancer, particularly lung cancer, but also cancer of the bladder, mouth, and esophagus. Typically, a person’s risk of developing tobacco-related cancer depends on how long that person has been smoking, the tar content of the cigarette, the number of cigarettes smoked per day, and how deeply the person inhales the smoke. The risk of dying from lung cancer is 20 to 30 times greater for heavy a smoker than for a nonsmoker.

Smoking has long been recognized as a major risk factor in cardiovascular disease. The presence of carbon monoxide in cigarette smoke binds to hemoglobin in the blood, making fewer molecules available for oxygen transport. In addition, it can reduce the blood flow in coronary and force the heart to work harder in delivering oxygen to the body. Such strain places smokers at significantly greater risk for heart attack and stroke. Nonsmokers who are exposed to secondhand smoke have increased the risk of developing heart disease by 25 to 30 percent.

It is not surprising that smokers also may suffer from various respiratory diseases other than lung cancer, such as chronic bronchitis and emphysema. Active smoking and exposure to environmental tobacco smoke are also responsible for increases in other respiratory ailments, such as pneumonia, the common cold, and influenza. Smokers who contract these ailments take longer than nonsmokers to recover from them. In addition, when children were raised in a household in which they are frequently exposed to environmental tobacco smoke, they are more likely to suffer from asthma and chronic cough.

Lastly, smoking is harmful for pregnant women or breastfeeding mothers. Women who smoke are more likely to experience infertility and miscarriage. When a pregnant woman smokes, some toxins from the smoke can be passed to the fetus. These toxins can later affect the infant’s lung development and function. Babies of a mother who smoke are more likely to be born prematurely, to have a low birth weight, and to have slower initial growth. Moreover, mothers who expose the baby to nicotine and other substances through breast milk can cause unwanted symptoms in the baby, such as restlessness, a faster heartbeat, and shorter sleep times.

In conclusion, the effects of smoking are very harmful not only to the smokers themselves, but also to all people around them. It can cause several health problems such as cancer, cardiovascular disease, and respiratory disease. Furthermore, smoking will also affect the health of pregnant and breastfeeding mothers as well as their baby.

Arti Contoh Teks Analytical Exposition tentang Smoking

Efek Berbahaya Merokok

Bukan hal yang rahasia lagi jika merokok bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius. Meski begitu, sebagian perokok tak mengindahkan ancaman kesehatan yang jelas-jelas tertera pada bungkus rokok. Mereka mungkin menganggap kebiasaan tersebut pada beberapa waktu menyegarkan dan membuat santai pada waktu lainnya, tapi mereka tak sadar jika hal ini bisa mematikan dan berbahaya. Lantas apa saja efek berbahaya merokok?

Salah satu bahaya terbesar merokok adalah meningkatnya resiko kanker, terutama kanker paru-paru, tapi juga kanker kandung kemih, mulut, dan kerongkongan. Umumnya, resiko seseorang terkena kanker akibat tembakau tergantung pada seberapa lama seseorang tersebut merokok, kandungan tar yang terkandung dalam rokok tersebut, jumlah rokok yang dihisap perhari, dan seberapa dalam seseorang tersebut menghiruo asapnya. Resiko kematian akibat kanker paru-paru 20 hingga 30 kali lebih besar bagi seorang perokok berat dibandingkan dengan seorang yang bukan perokok.

Merokok telah lama dianggap sebagai faktor resiko utama dalam penyakit kardiovaskular. Keberadaan karbon monoksida dalam rokok berikatan dengan hemoglobin dalam darah, membuat semakin sedikit molekul untuk transportasi oksigen. Selain itu, hal ini bisa mengurangi darah di koroner dan memaksa jantung untuk bekerja lebih keras dalam mengirimkan oksigen ke tubuh. Ketegangan semacam ini menempatkan perokok pada resiko yang secara signifikan lebih besar terkena serangan jantung dan stroke. Orang yang tak merokok yang terpapar asap dari perokok berisiko tinggi terserang penyakit jantung sebesar 25 hingga 30 persen.

Bukan hal yang mengherankan jika perokok juga bisa menderita berbagai penyakit pernapasan selain dari kanker, seperti bronkitis akut dan emfisema. Merokok aktif dan paparan terhadap asap tembakau dari lingkungan juga bertanggung jawab atas peningkatan penyakit pernapasan lainnya, seperti pneumonia, flu biasa, dan influenza. Perokok yang terkena penyakit ini membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dibandingkan dengan yang bukan perokok. Selain itu, saat seorang anak yang dibesarkan dalam rumah tangga di mana mereka sering terpapar asap tembakau dari lingkungan, mereka lebih cenderung menderita asma dan batuk kronis.

Terakhir, merokok berbahaya bagi wanita mengandung dan ibu menyusui. Wanita yang merokok lebih cenderung mengalami kemandulan dan keguguran. Saat seorang wanita mengandung merokok, beberapa racun dari rokok bisa diteruskan ke janin. Racun-racun ini nantinya dapat mempengaruhi perkembangan dan fungsi paru-paru bayi. Bayi dari seorang ibu yang merokok lebih mungkin lahir prematu, memiliki berat badan yang kurang, dan memiliki pertumbuhan awal yang lebih lambat. Selain itu, ibu yang memaparkan bayi pada nikotin dan zat lain melalui ASI dapat menyebabkan gejala yang tak diinginkan pada bayi, seperti gelisah, detak jantung yang lebih cepat, dan waktu tidur yang lebih pendek.

Kesimpulannya, efek merokok sangat berbahaya tidak hanya bagi perokok itu sendiri, tetapi juga bagi oreng-orang yang berada disekitarnya. Ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kanker, penyakit kardiovaskular, dan penyakit pernapasan. Selain itu, merokok juga akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan menyusui serta bayinya.


Nah, itulah tadi salah satu contoh analytical exposition about smoking dan artinya yang bisa kamu jadikan referensi untuk penulisan analytical text. Kalau kamu mencari contoh teks analytical exposition dengan topik yang berbeda lainnya, seperti full day school, bullying, dan global warming, kamu bisa klik kategori analytical text. Selain berbagai contoh teks tersebut, kamu bisa belajar Bahasa Inggris tentang materi lain seperti grammar dan tenses dengan klik kategori terkait atau bisa klik laman daftar isi ContohText.


Referensi:

  • https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/tobacco-and-cancer/smoking-while-you-are-pregnant-or-breastfeeding.html#references
  • "smoking." Encyclopædia Britannica. Encyclopædia Britannica Ultimate Reference Suite. Chicago: Encyclopædia Britannica, 2015.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel