10 Website Kursus Bahasa Inggris Online Gratis Terbaik Secara Global

Kalau berbicara mengenai kursus, pasti salah satu yang terbersit di pikiran kita pertama kali adalah biayanya yang tak bisa dibilang murah. Meski untuk sebagian kalangan biaya tambahan untuk kursus semacam ini tidaklah seberapa, namun untuk mereka yang memiliki dana terbatas mungkin akan berfikir dua kali untuk mengikuti kursus atau bimbingan belajar, khususnya untuk pelajaran bahasa Inggris.

website kursus bahasa Inggris online

Kursus bahasa Inggris online gratis, via www.pxhere.com

Kabar baiknya, kursus bahasa Inggris tak selamanya haruslah mahal. Buat kamu yang memiliki dana terbatas ada alternatif pilihan bagus untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris yakni dengan kursus bahasa Inggris online gratis. Tak perlu repot untuk datang ke kelas perkuliahan, cukup dengan laptop yang terkoneksi internet kamu sudah bisa belajar bahasa Inggris online dan yang pasti berbagai kelas kursus yang diberikan itu gratis. Siapa coba yang tak mau gratisan?

Apakah itu MOOC?

MOOC merupakan kepanjangan dari Massive Open Online Course atau bisa diartikan kursus online secara besar-besaran dan bersifat terbuka. Kursus semacam ini merupakan kursus yang dilakukan melalui media internet berbasis web dan pada umumnya setara dengan level Universitas dan terbuka bagi siapa saja yang ingin mengikutinya (untuk umum). Kerap kali kursus semacam ini diajar oleh para dosen universitas dan secara umum tak mematok tarif.

Kursus dengan cara ini merupakan sebuah cara bagus untuk diikuti oleh para siswa karena diajar langsung oleh pengajar sungguhan, tanpa harus repot-repot untuk mengambil kelas perkuliahan.

Ribuan orang untuk saat ini telah banyak menggunakan MOOC. Dan kamu bisa menjadi salah satu peserta belajar bahasa Inggris online dengan cara ini juga. Penasaran kenapa cara ini lumayan bagus dan apa saja kelebihannya?

Kenapa Perlu Mengambil Kursus Bahasa inggris Online Gratis ini?

Pasti banyak dari kalian yang penasaran kenapa harus mengambil kurus bahasa Inggris online gratis ini? Nah, untuk menjawabnya berikut beberapa kelebihan yang bisa kalian dapatkan:

  • Pertama tentu saja ini gratis, sehingga kalian tak perlu keluar ongkos lebih
  • Karena online, kalian bisa mengikuti kursusnya dimanapun dan kapanpun
  • Beberapa kelas kursus belajar bahasa Inggris online ini menyediakan sertifikat untuk para peserta yang mengikutinya dan banyak kelas kursus yang disediakan diajar langsung oleh para dosen dari universitas terkemuka, salah satu contohnya Harvard.
  • Kamu bisa berhenti mengikuti kursus bahasa Inggris online gratis MOOC kapan saja. Tak selayaknya seperti kelas belajar kebanyakan, jika kamu tiba-tiba tak memiliki waktu untuk menyelesaikan kursusmu, Kamu bisa mulai dan berhenti kapan saja tanpa perlu mengulang kembali semua materi yang telah didapat.

MOOC atau kursus bahasa Inggris online terbuka untuk umum ini terbilang sebuah ide yang baru, meski begitu sudah banyak website penyedia kursus online ini yang bisa kamu ikuti. Beberapa website memiliki program kursus berbayar juga, dan beberapa lainnya bahkan memberikan kredit perkuliahan.

Selain 10 website kursus online bahasa Inggris di bawah, salah satu website yang bisa dijadikan pilihan dalam belajar bahasa Inggris adalah ContohText. Situs ini memang dirancang agar kamu nyaman dengan tampilannya yang minimalis agar lebih mudah dalam mempelajari berbagai text genre, grammar, vocabulary, dan pastinya info-info bermanfaat seputar belajar bahasa Inggris.

Ok balik lagi ke MOOC yang dianggap banyak kalangan merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris kalian, kali ini ContohText akan membahas mengenai 10 website kursus bahasa Inggris online gratis terbaik yang bisa kamu ikuti untuk mulai belajar, dan perlu dicatat bahwa website-website ini bukanlah dari Indonesia melainkan secara global.

10 Website Terbaik Untuk Kursus Bahasa Inggris Online Gratis

1. Alison

logo Alison

Salah satu pelopor kursus dalam kursus bahasa Inggris online gratis ini adalah Alison. Situs ini pertama dibuka pada tahun 2007 dan banyak kalangan yang beranggapan jika Alison merupakan situs MOOC pertama.

Situs ini menjadi tempat yang tepat untuk kamu yang ingin kursus bahasa Inggris secara online dengan memiliki lebih dari 750 jenis kursus. Allison sendiri memiliki fokus utama dalam meningkatkan skill kerja yang nantinya akan membantu pesertanya untuk mendapatkan pekerjaan atau mendapatkan promosi kerja.

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • Social English Language Skill: Kursus ini membantu kamu untuk meningkatkan kemampuanmu bercakap-cakap menggunakan bahasa Inggris.
  • Introduction to English Grammar: Materi kursusnya berkutat seputar grammar dalam tenses dan bagaimana membentuk sebuah kalimat dengan benar.

2. MOOEC

logo MOOEC

Website kursus bahasa Inggris online gratis kedua ini merupakan situs kursus online yang memiliki kelas pembelajaran untuk peserta dengan berbagai tingkatan mulai dari kelas pemula hingga lanjutan. MOOEC sendiri merupakan kepanjangan dari Massive Open Online English Course.

Kelas kursus yang ditawarkan di situs ini lebih pendek dibandingkan dengan penyedia kursus online gratis kebanyakan. Tak seperti kebanyakan penyedia yang membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu, MOOEC memberikan kelas kursusnya hanya dalam sekali pembelajaran. Jadi jika kamu merasa belum yakin jika belajar bahasa Inggris online ini adalah cara yang tepat buat kamu, maka MOOEC bisa jadi salah satu alternatif pilihan kamu mulai mencobanya, mengingat kelas yang diberikan memerlukan waktu yang cukup singkat.

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • Elementary English Course: Kursus yang diberikan merupakan kursus yang tepat jika kamu pelajar pemula dalam bahasa Inggris.
  • Common Mistakes: Kursus ini mencakup beberapa kesalahan umum dalam bahasa Inggris yang jamak dilakukan oleh kebanyakan orang.
  • Coffee Culture: Untuk kamu yang tertarik dengan Australian English dan budayanya, kelas kursus ini mengajarkan listening dan speaking skill untuk penggunaan sehari-hari.

3. FutureLearn

logo FutureLearn

Banyak kursus bahasa Inggris online yang bisa dilakukan sendirian, namun FutureLearn mendorong para siswa atau pesertanya untuk bersosialisasi dan berbicara dengan orang lain yang juga sedang mengikuti kursus yang sama. Dengan lebih dari ribuan kelas kursus yang diadakan di sini, akan ada begitu banyak orang atau partner berbicara bahasa Inggris yang tersedia.

Kelas kursus yang ditawarkan datang dari 40 tempat yang berbeda yang tersebar di berbagai penjuru dunia, termasuk beberapa institusi unggulan Inggris seperti British Council dan British Museum. Akan tetap sayangnya FutureLearn ini tak memiliki partner di USA, jadi jika kamu mencari kursus American English, nampaknya kamu harus memilih beberapa website alternatif lainnya dalam daftar.

FutureLearn bekerja layaknya penyedia kursus bahasa Inggris online gratis lainnya yakni dengan memberikan pembelajaran setiap minggu dalam rentang waktu beberapa minggu yang telah ditentukan. Kamu bisa belajar bersama dengan kelas yang ada, dimana peserta sangat didorong untuk saling praktik berbicara dengan satu sama lain. Tapi jika kamu merasa kelasnya tak sesuai dengan jadwal kesibukan, kamu bisa mengambil kelas sendiri sesuai waktu luangmu.

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • A Beginner’s Guide to Writing in English for University Study: Kelas kursus satu ini memang dirancang untuk kalangan yang tertarik ingin meneruskan studinya di negara-negara berbahasa Inggris, tapi tetap bisa berguna bagi semua pelajar bahasa Inggris.
  • Understanding IELTS: Techniques for English Language Tests: Kursus ini tepat untuk yang berencana untuk mengikuti tes bahasa Inggris, utamanya ujian IELTS.
  • Exploring English: Language and Culture: Dengan kursus ini, kamu bisa belajar mengenai budaya Inggris sekaligus juga meningkatkan kemampuanmu dalam berbahasa Inggris.

4. edX

logo edX

EdX merupakan salah satu website penyedia kursus bahasa Inggris online gratis terbesar yang ada hingga saat ini. Website ini dibuat oleh Harvard dan MIT, yang merupakan dua universitas terkemuka dan bergengsi di Amerika. Kamu bisa menemukan berbagai kursus tingkat perkuliahan di sini, yang dibuat dan diajar oleh dosen-dosen dari universitas-universitas unggulan.

Seperti layaknya kebanyakan penyedia kursus bahasa Inggris online lain, kelas yang ada di sini juga mirip dengan kursus di perkuliahan dan beberapa diantaranya membutuhkan waktu hingga beberapa minggu untuk menyelesaikannya. Dalam setiap minggunya setidaknya dibutuhkan beberapa jam untuk mempelajari semua materi yang diberikan. Kamu bisa belajar dengan kelas yang diikuti atau membaca materinya secara keseluruhan setelah kelas selesai (ya meskipun kamu bisa mempelajari materinya tapi tak bisa berbicara satu sama lain dengan rekan kursus lainnya).

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • English Grammar and Style: Kursus ini ditujukan untuk pelajar tingkat menengah (intermediate) hingga tingkat lanjutan (advanced) yang akan membantu kalian menulis dalam bahasa Inggris dengan lebih baik.
  • Conversational English Skills: Jika kamu mencari sesuatu yang lebih mudah, kursus satu ini akan membantu kamu untuk mempelajari dasar-dasar dalam berbicara bahasa Inggris agar bisa berkomunikasi satu sama lain dengan baik.

5. Udemy

logo Udemy

Udemy mengajarkan banyak hal di dalam pembelajarannya. Terdapat lebih dari 25.000 kelas kursus yang bisa dipilih, meski tak semua kelas kursus yang tersedia di sini dari universitas ternama namun kursus-kursus tersebut tetap jadi pertimbangan kelas kursus yang bagus untuk diikuti.

Tak semua kelas kursus yang tersedia di Udemi bisa diikuti secara cuma-cuma alias gratis, tapi jangan khawatir karena kelas kursus gratis yang tersedia juga lumayan banyak. Meski tak gratis, kebanyakan kelas kursus yang berbayar dari Udemy ini memiliki tarif yang lumayan terjangkau.

Udemy menggunakan video pembelajaran, materi tertulis, dan kuis-kuis untuk membantu kamu dalam belajar bahasa Inggris. Kamu bisa menonton videonya atau membaca materi pelajarannya, lalu uji kemampuanmu dengan mengambil test untuk memastikan kamu sudah paham. Kamu bisa meneruskan materi secepat yang kamu bisa atau pelan-pelan saja semampumu.

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • English as a Foreign Language: Buat kita yang berada di Indonesia, kursus ini cocok sekali karena mengajarkan grammar melalui situasi percakapan yang sering terjadi di dunia nyata (kontekstual).
  • English Grammar for Beginners: Dengan kursus ini, kamu bisa mempelajari dasar-dasar grammar dan bahasa Inggris untuk tingkatan pemula.

6. Open Learning

logo OpenLearning

Pada website kursus bahasa Inggris online gratis selanjutnya ini kalian akan mendapati sebuah lingkungan belajar yang sangat ramah. Di Open Learning, semua orang bisa ikut berpartisipasi baik dengan mengikuti kelas ataupun membuat kelas kursus (untuk pengajar). Kamu mungkin tak akan mendapati banyak dosen perkuliahan, tapi kamu akan mendapatkan berbagai pakar ahli bahasa yang ingin membagikan skill mereka.

Open Learning juga bekerja dengan banyak universitas, jadi kamu bisa menemukan kombinasi terbaik dari kelas kursus profesional dan casual yang tersedia di sini. Seperti website sebelumnya di atas, Open Learning juga tak memberikan semua kelas kursusnya secara gratis, namun tetap ada beberapa kelas yang memang gratis dan terbuka untuk umum.

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • Using Sentence Connectors: Dalam kursus ini kamu bisa belajar writing dan grammar bahasa Inggris dengan level setara pra-kuliah.

7. Canvas Network

logo Canvas Network

Website selanjutnya ini ditujukan untuk mereka yang tak mengenal batasan usia dalam belajar atau orang-orang yang ingin terus mempelajari bahasa Inggris dan mereka sudah menyelesaikan sekolah/pendidikannya. Untuk itulah, Canvas Network memiliki berbagai kelas kursus dari berbagai universitas, dan sebagian besar dari kelas kursus yang diadakan bersifat profesional.

Website ini mendorong para siswa atau pesertanya untuk belajar bersama dengan kelas yang ada dan saling bercakap-cakap sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan. Akan tetapi, jika kamu merasa ingin belajar sendiri juga bisa. Semua materi yang diajarkan dalam kelas kursus akan bisa didapatkan seusai kelas kursus selesai.

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • College Readiness: Reading, Writing, and Math: Kelas ini memungkinkan kamu untuk memilih apa yang ingin kamu pelajari dan memiliki beberapa informasi penting mengenai grammar dan pemahaman tentang reading.

8. Coursera

logo Coursera

Coursera lumayan direkomendasikan untuk para pelajar dengan tingkat lanjutan. Website ini memungkinkan kamu untuk mempelajari berbagai materi yang disediakan sesuai dengan kemampuan (baik itu cepat ataupun lambat). Kamu bisa menyelesaikan kelas kursus dengan ikut bergabung dalam kelasnya, atau hanya sekedar melihat materi tertulisnya setelah kelas selesai.

Masing-masing kelas kursus memiliki video instruksional yang diikuti oleh kuis-kuis dan latihan-latihan yang akan membuatmu lebih yakin tentang seberapa pemahamanmu terhadap materi yang diajarkan. Tersedia beberapa latihan peer-rated (yang dinilai oleh sesama peserta), jadi ini merupakan tempat yang tepat untuk saling bertukar informasi dengan siswa atau peserta lainnya yang juga sedang ikut belajar.

Coursera memiliki banyak sekali rekanan, yang terdiri dari institusi dan universitas yang menawarkan kursus. Sejauh ini, rekanan website ini secara konsisten terus bertambah, jadi ada baiknya kamu cek secara berkala jika ada kelas baru yang membuatmu tertarik.

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • Essentials for English Speeches and Presentations: Kelas kursus ini secara spesifik ditujukan untuk para pelajar bahasa Inggris dari negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL), kelas ini juga akan mengajari kamu public speaking menggunakan bahasa Inggris.
  • English Composition I: Kelas kursus ini diajarkan oleh Universitas Duke, kelas ini mengajarkan tentang bagaimana menulis (writing) setingkat perkuliahan.

9. World Education University

logo WEU

World Education University atau disebut juga WEU merupakan salah satu website belajar bahasa Inggris online yang direkomendasikan untuk mereka yang berada di tingkat menengah ke atas. Website ini 100 persen didedikasikan untuk pendidikan gratis tingkat perkuliahan. Hal ini membuat kamu belajar sesuai dengan kapabilitas, namun tetap memastikan agar kemampuan bahasa Inggris kamu bertambah. Jika kamu mengambil jeda lebih dari 45 hari, kamu bisa mengambil ujian yang mencakup berbagai materi yang telah kamu pelajari sebelumnya untuk sedikit menyegarkan kembali otakmu akan materi-materi yang dipelajari.

Mengingat WEU memiliki semua kelas kursus yang mereka sediakan, mereka saat ini sedang mencoba untuk menjadi salah satu kelas kursus yang terakreditasi. Jadi, suatu saat jika terealisasi kamu mungkin bisa mendapatkan gelar setelah mengambil kursus online di WEU.

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • English Composition: Kursus ini mengajarkan akan bagaimana kamu menulis sebuah paper atau tulisan akademik dengan baik.

10. Saylor

logo saylor

Untuk website kursus bahasa Inggris online gratis yang terakhir yaitu Saylor, sebuah situs yang banyak menawarkan kelas kursus secara gratis untuk diikuti. Website ini bisa jadi alternatif pilihan buat kamu yang berada di tingkat lanjutan dalam berbahasa Inggris. Karena website ini sendiri merupakan sebuah situs non-profit, jadi mereka tak memungut biaya untuk berbagai kelas online yang diadakan.

Tak ada tanggal pembelajaran dimulai di sini, semua kelas kursus bisa diikuti kapanpun sebisa kamu. Beberapa kelas kursus bahkan menawarkan kredit perkuliahan jika kamu bisa lulus ujian akhirnya, namun untuk memperolehnya akan dikenakan biaya tambahan.

Rekomendasi kursus yang perlu kamu ikuti:

  • Pre-college English: Kelas kursus yang tersedia ini ditujukan untuk mempersiapkan kamu dalam belajar menulis (writing) tingkat perkuliahan.

Nah itulah tadi mengenai 10 websites kursus bahasa Inggris online gratis terbaik yang bisa kamu coba ikuti. Tunggu apa lagi, nyamankan dirimu di depan laptop untuk belajar bahasa Inggris online dan ambil salah satu kelas kursus dari daftar di atas yang menurutmu menarik dan akan bermanfaat untuk kamu nantinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel