7 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik yang Wajib Kamu Coba

Hadirnya smartphone dan gadget pintar nampaknya tak hanya mempermudah manusia dalam berkomunikasi dan tetap terhubung antara satu sama lain namun juga menjadi perangkat multifungsi, salah satunya sebagai media belajar bahasa Inggris. Untuk menggunakan smartphone sebagai media belajar bahasa Inggris caranya cukup mudah, yakni dengan install aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa dengan mudah diunduh di Play Store bagi yang menggunakan Android ataupun App Store bagi pengguna iOS.

aplikasi belajar bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris dengan aplikasi smartphone, via www.pxhre.com

Namun yang jadi masalah, terkadang banyaknya aplikasi belajar bahasa Inggris yang tersedia membuat banyak yang kebingungan dalam memilihnya. Untuk itulah, kita akan bahas 5 aplikasi belajar bahasa Inggris yang bisa digunakan oleh para pelajar untuk belajar bahasa Inggris dan terus bisa meningkatkan skill bahasa Inggrisnya kapanpun saat smartphone di genggaman.

Duolingo - Learn Languages for Free

Duolingo - Learn Languages for Free

Duolingo merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris terkini yang lumayan banyak direkomendasikan untuk mereka yang masih pemula dalam bahasa Inggris. Sistem pembelajaran belajar sambil bermain dari aplikasi ini bisa membantu kamu mempelajari bahasa Inggris secara cepat dengan meluangkan waktu 20 menit saja. Duolingo menyusun kegiatan pembelajaranmu dan mengajarimu tentang 7 kata baru berdasarkan sebuah topik dan skill point akan diberikan kepadamu jika kamu berhasil mengerjakannya.

Pembelajaran yang diberikan Duolingo menyesuaikan gaya penggunanya dalam belajar. Semua latihan soal dirancang untuk membantu penggunanya belajar dan mereview vocabulary (kosakata) dengan efektif. Duolingo juga aplikasi pembelajaran bahasa Inggris lumayan bagus yang mampu menyuguhkan berbagai materi untuk berbagai tingkat kemahiran dalam berbahasa Inggris.

Tersedia untuk Android dan iOS

Memrise: Learn Languages Free

Memrise: Learn Languages Free

Selanjutnya ada Memrise, sebuah aplikasi belajar bahasa Inggris yang menyuguhkan cara mengingat berbagai macam kata dalam bahasa Inggris secara mudah dan menarik. Fokus utama dari aplikasi pembelajaran bahasa Inggris ini yakni membantu memperbanyak kosakata mereka dengan belajar kata-kata secara efektif. Aplikasi ini juga hadir dengan mode offline dimana kamu tetap bisa belajar tanpa menggunakan koneksi internet.

Memrise akan mulai menggunakan sistem repetisi yang ada untuk membantu kamu mulai belajar ribuan kata baru dalam bahasa Inggris yang tentunya dengan lebih mudah. Aplikasi belajar ini juga memiliki kursus untuk belajar bahasa Inggris dengan cara inovatif.

Tersedia untuk Android dan iOS

Learn Languages Busuu

Learn Languages Busuu

Selanjutnya ada Busuu yang merupakan sebuah aplikasi belajar bahasa Inggris kapanpun dan dimanapun dengan pelajaran yang dijamin berdasarkan dengan pedoman kerangka bahasa di kawasan Eropa (CEFR). Pelajarannya mulai dari rentang pemula hingga mahir melalui kosakata yang komprehensif, pelajaran percakapan, hingga latihan menulis dan soal-soal. Aplikasi semacam ini juga merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin meningkatkan skill speaking kamu.

Dengan menggunakan Busuu, kamu dapat berbicara dengan native (penutur asli) bahasa Inggris untuk berlatih kemampuan speaking dan dengan cara seperti inilah belajar kemampuan speaking jadi lebih seru.

Tersedia untuk Android dan iOS

Improve English: Word Games

Improve English: Word Games

Untuk kamu yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa tambahan saja, aplikasi belajar bahasa Inggris satu ini akan menyediakan kemajuan akan pemahaman bahasa Inggris yang berkelanjutan. Improve English: Word Games akan mengajarimu kosakata baru dan menghadirkan berbagai cara yang menyenangkan untuk berlatih.

Improve English: Word Games membantu kamu untuk mempelajari kata-kata baru, konsep, dan tak ketinggalan frasa serta banyak kesempatan untuk berlatih. Aplikasi ini memang didesain untuk mereka yang telah memiliki dasar bahasa Inggris yang lumayan dan menginginkan kemampuannya meningkat.

Baik pengajar ataupun pelajar bisa memanfaatkan aplikasi karena cocok untuk digunakan di kedua-duanya, dimana akses secara eksklusif bisa digunakan untuk kebutuhan sendiri dan para pengajar bisa memanfaatkannya game yang terdapat di dalamnya sebagai latihan yang dapat merangsang ketertarikan siswa untuk belajar. Game yang ada tersebut dapat digunakan oleh pengajar untuk mengambil jeda sejenak dari latihan-latihan tertulis atau untuk membantu siswa pemula dalam bahasa Inggris agar cepat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya.

Tersedia untuk Android

Learn English with Babbel

Learn English with Babbel

Aplikasi belajar bahasa Inggris kelima yaitu Babbel. Aplikasi ini sendiri memiliki fokus lebih dalam membantu para pelajar bahasa Inggris untuk memperoleh kemampuan dasar dalam kemampuan bercakap-cakap (conversation skill). Selain itu, Babbel juga merupakan aplikasi yang mempunyai fokus tinggi terhadap peningkatan kosakata penggunaanya. Aplikasi ini memiliki 4 jenis pendekatan yang berbeda, diantaranya pengenalan suara (sound recognition), pengenalan gambar (picture recognition), mengeja (spelling), dan juga mengisi titik-titik yang kosong.

Babbel memang benar-benar menitikberatkan pada kualitas belajar dibandingkan dengan kuantitas belajar penggunanya. Aplikasi ini juga memiliki sistem goal (pencapaian) yang dapat dikostumisasi sehingga membuat penggunanya dapat menentukan sendiri standar pencapaian selagi mereka belajar dan melakukan monitor dari kemajuan yang didapatnya. Jika tujuanmu mempelajari vocabulary baru dengan lebih efektif, maka Babbel bisa jadi aplikasi wajib yang perlu kamu coba.

Pelajaran yang ada dalam aplikasi ini dibagi ke dalam topik yang kontekstual (sesuai kehidupan sehari-hari), dimana kamu akan belajar untuk memperkenalkan diri, memesan makanan, hingga menyusun rencana travelling. Jadi setiap kata dan frasa yang disediakan memang bisa memenuhi kebutuhan bahasa Inggris secara kontekstual. Hal ini menurut Babbel hanya untuk memastikan jika siswa bisa mulai belajar percakapan dalam bahasa Inggris yang nyata ada dalam kehidupan sehari-hari dan bermakna sesegera mungkin.

Banyak para pelajar bahasa Inggris menganggap belajar kata-kata baru merupakan salah satu hal yang paling sulit dalam belajar bahasa. Dengan menggunakan kerangka bahasa CEFR yang membagi pelajaran ke dalam tingkat kesulitan yang berbeda, diharapkan proses belajar bahasa bisa lebih cepat diserap dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan.

Tersedia untuk Android dan iOS

Learn Languages: Rosetta Stone

Learn Languages: Rosetta Stone

Rosetta Stone didesain dengan begitu berbeda dari kebanyakan aplikasi belajar bahasa Inggris yang ada di market aplikasi saat ini. Dengan kata lain, aplikasi ini mencoba untuk mengajari kita bahasa Inggris sebagaimana layaknya seorang anak yang sedang mulai belajar bahasa. Aplikasi ini memiliki latihan-latihan yang didesain untuk membantu kamu mempelajari berbagai kata dasar. Masing-masing variasi pengajaran yang dimiliki Rosetta Stone telah digunakan selama beberapa tahun untuk mengajari berbagai orang. Aplikasi ini jadi pilihan yang bagus kalau kamu mencari sebuah metode yang telah teruji dan terpercaya.

Di dalam platform ini, kamu akan mendapati kalau semua kata, frasa dan audio semuanya berbahasa Inggris. Untuk komponen belajar utamanya, aplikasi ini juga memiliki sebuah platform dimana kamu bisa menjadwalkan pelajaran dengan tutor secara live atau langsung pada tiap-tiap pelajarannya. Jadi jika kamu suka berlatih bahasa Inggris dengan berbicara pada penutur bahasa Inggris asli, ini merupakan fitur bonus yang terbesar untuk kamu.

Pengenalan pengucapan (speech recognition) dalam platform ini juga telah banyak mendapat pujian karena desainnya untuk secara spesifik mengenali pelafalan dari para bukan penutur asli (non-native). Saat kita belajar bahasa baru, pada awalnya ada banyak kata-kata yang kita tahu tapi berakhir dengan cara pelafalan yang kurang tepat sehingga menimbulkan aksen yang aneh, yang terkadang hal ini dapat membuat penutur asli mengernyitkan dahinya. Fitur speech recognition yang telah diperbarui pada Rosetta benar-benar akan membantumu untuk menutupi kekurangan ini.

Tersedia untuk Android dan iOS

LearnEnglish Grammar (UK and US edition)

LearnEnglish Grammar

Aplikasi belajar bahasa Inggris terakhir yaitu LearnEnglish Grammar. Aplikasi ini menyajikan sebuah pengalaman pengguna yang interaktif untuk membantu meningkatkan kemampuan grammar bahasa Inggris kamu. Jika kamu memang benar-benar ingin meningkatkan grammar bahasa Inggris kamu secara mendetail, aplikasi ini menyediakan 12 jenis topik grammar dengan 20 activities untuk satu topiknya di semua tingkat kemahiran berbahasa Inggris.

UK Edition | US Edition

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel