5 Contoh Descriptive Text tentang Orang Singkat dan Artinya

Bagi yang belajar bahasa Inggris di tingkat awal, pasti kamu sudah tak asing lagi sama descriptive text. Descriptive text merupakan jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan atau mendeskripsikan suatu hal yang spesifik. Dari sekian banyak hal yang bisa dijadikan topik, descriptive text tentang orang biasanya jadi yang paling sering digunakan.

contoh descriptive text tentang orang singkat
Image by Freepik


Descriptive text sendiri secara umum memiliki struktur teks berupa identification dan description. Identification (identifikasi) berisi bagian pendahuluan mengenai gambaran secara umum dari objek tertentu. Sementara itu, description (deskripsi) berisi bagian yang menjelaskan objek tersebut secara lebih rinci dan detail. 

Selain kedua struktur teks tersebut, ada juga conclusion (kesimpulan) yang terdapat di akhir paragraf dan berisikan tentang kesimpulan objek yang telah dideskripsikan. Kesimpulan bisa berupa kesan dan pendapat penulis objek tersebut. Bagian ini sifatnya opsional saja, jadi terkadang tidak selalu ditemukan dalam descriptive text.

Contoh Descriptive Text tentang Orang Singkat dan Strukturnya

Descriptive text tentang orang memiliki fungsi untuk mendeskripsikan atau menggambarkan karakteristik atau sifat seseorang.

Untuk lebih memahami materi terkait descriptive text tentang orang, berikut ContohText sajikan beberapa contoh descriptive text tentang orang singkat dan terjemahannya agar mudah dipelajari.

Contoh Descriptive Text tentang Orang Singkat 1

My Little Sister

I have a little sister. Her name is Yurida. There is a five-year age gap between us. She is now in elementary school. My sister and I has very distinct personalities, despite we are sibling.

My sister has black long curly hair. She is 145 cm tall. She has chubby face but she looks beautiful with her round face and pointed nose. She has light tanned skin because she barely goes outside.

People like her because she is kind and friendly girl. Sometimes I like to buy her snacks, especially chocolate and cheese donuts.

My sister is a diligent and determined person. I love and adore her even though she might be annoying sister sometimes.

Terjemahan

Adikku

Aku mempunyai seorang adik perempuan. Namanya Yurida. Ada perbedaan usia lima tahun di antara kami. Dia sekarang duduk di bangku sekolah dasar. Aku dan adikku mempunyai kepribadian yang sangat berbeda, meskipun kami bersaudara.

Adikku mempunyai rambut hitam panjang keriting. Tingginya 145 cm. Dia memiliki wajah yang tembem tetapi dia terlihat cantik dengan wajah bulat dan hidung mancung. Dia memiliki kulit cerah kecoklatan karena dia jarang keluar rumah.

Orang-orang menyukainya karena dia gadis yang baik dan ramah. Kadang-kadang saya suka membelikannya camilan, terutama donat coklat dan keju.

Adikku adalah orang yang rajin dan tekun. Aku sayang dan kagum meskipun dia terkadang jadi adik yang menyebalkan.


Contoh Descriptive Text tentang Orang Singkat 2

My New Neighbor

I have new a neighbor. His name is Mr. Slamet. His house is next to my house. He just moved in the neighborhood from Malang about a weeks ago.

Mr. Slamet is a carpenter. He works in his front yard workshop. It turns out that Mr. Slamet and my father were old friend in high school. My new neighbor is a good person. When the first day he came here, his wife gave us a cake as a warm greeting.

Terjemahan

Tetangga Baruku

Saya punya tetangga baru. Namanya Pak Slamet. Rumahnya bersebelahan dengan rumahku. Dia baru pindah ke lingkunganku dari Malang sekitar seminggu yang lalu.

Pak Slamet adalah seorang tukang kayu. Dia bekerja di tempat kerjanya yang ada di halaman depan. Ternyata Pak Slamet dan ayah saya adalah teman lama semasa SMA. Tetangga baru saya adalah orang yang baik. Saat hari pertama dia datang kesini, istrinya memberi kami kue sebagai ucapan hangat.


Contoh Descriptive Text tentang Orang Singkat 3

My Principal

My principal is Mr. Sugeng. He was Biology teacher in my high school and this is his first year serving as principal.

Mr. Sugeng has thin body and he is not tall. His skin is tanned and he has black mustache. Despite of his physical appearance doesn’t look like strong man, all of the student respect him so much.

I think Mr. Sugeng is a good principal so far and his dedication in education inspires many of his students.

Terjemahan

Kepala Sekolahku

Kepala sekolah saya Pak Sugeng. Dia sebelumnya guru Biologi di SMA saya dan ini adalah tahun pertamanya menjabat sebagai kepala sekolah.

Pak Sugeng berbadan kurus dan tidak tinggi. Kulitnya kecokelatan dan kumisnya hitam. Meski penampilan fisiknya tidak terlihat seperti pria kuat, semua siswa sangat menghormatinya.

Menurut saya Pak Sugeng adalah kepala sekolah yang baik selama ini dan dedikasinya dalam bidang pendidikan menginspirasi banyak muridnya.


Contoh Descriptive Text tentang Orang Singkat 4

My Mother

My mother’s name is Erlina. She is good housewife. She is a middle age woman of two children.

My mother has light brown skin. Her eyes are black and thin eyebrows. She has long wavy black hair. Her small oval face and flat nose make her looks younger. She is a kind and cheerful person. She is also a patient mother when taking care her mischief children. My mother manages the house well. She also run online shop from home.

I think my mother is the best mother in the world.

Terjemahan

Ibuku

Nama ibuku Erlina. Dia adalah ibu rumah tangga yang baik. Dia adalah seorang wanita paruh baya dengan dua anak.

Ibuku berkulit coklat muda. Matanya hitam dan alisnya tipis. Dia memiliki rambut hitam panjang bergelombang. Wajahnya yang kecil berbentuk oval dan hidung pesek membuatnya tampak lebih muda. Dia adalah orang yang baik dan ceria. Ia juga seorang ibu yang sabar dalam mengurus anak-anaknya yang nakal. Ibuku mengurus rumah dengan baik. Dia juga mengelola toko online dari rumah.

Menurutku ibuku adalah ibu terbaik di dunia.


Contoh Descriptive Text tentang Orang Singkat 5

My Favorite Teacher

Mr. Teguh is my favorite teacher. He is a Science teacher and teaches Physics in my class. 

Mr. Teguh is a bit fat. His skin is tanned. His hair is short and curly. He is a dedicated teacher. He teaches Physics in a fun way so all of his student can understand it easily. He also keeps us motivated by giving reward, such as snack for the highest score in class.

We really enjoy his class and I think he is the best science teacher for me.

Terjemahan

Guru Favoritku

Pak Teguh adalah guru favorit saya. Dia adalah guru IPA dan mengajar Fisika di kelas saya.

Pak Teguh agak gemuk. Kulitnya kecokelatan. Rambutnya pendek dan keriting. Dia adalah seorang guru yang berdedikasi. Beliau mengajarkan Fisika dengan cara yang menyenangkan sehingga semua siswa dapat memahaminya dengan mudah. Beliau juga terus memotivasi kami dengan memberikan hadiah seperti jajanan bagi yang mendapat nilai tertinggi di kelas.

Kami sangat menikmati pengajarannya di kelas dan menurut saya dia adalah guru IPA terbaik bagi saya.


Bagaimana penjelasan dan contoh descriptive text tentang orang singkat yang sudah dibahas di atas? Sudah jelas, kan. Semoga contoh descriptive text tersebut bisa menjadi referensi kamu dalam belajar mendeskripsikan orang sesuai dengan karakter dan kepribadiannya dengan menggunakan bahasa Inggris yang tepat.