5 Contoh Recount Text Singkat tentang Lebaran dan Artinya

Selain karena keberkahannya, libur Ramadhan juga merupakan momen yang banyak ditunggu-tunggu, terutama oleh kalangan pelajar. Di momen seperti ini, kita bisa menjalani banyak pengalaman menyenangkan yang tak terlupakan selama liburan.

Nah, mengingat bulan Ramadhan dan momen liburan Lebaran ini sangat lekat dengan kehidupan kita di Indonesia, tak heran kalau hal ini bisa dijadikan ide untuk penulisan text recount, lho.

Buat kamu yang kebetulan mencari referensi recount teks tentang Ramadhan dan Lebaran, kebetulan banget kali ini ContohText berikan 5 contoh recount text singkat tentang Lebaran dan artinya. Langsung simak aja berikut!

Contoh Recount Text Singkat tentang Lebaran di Desa

Eid Holiday at My Grandparent’s Town

As Ramadan 1445 H came to an end, I was super excited for Eid. I woke up early to get ready for the special Eid prayer at 07.00 am. After praying and having a quick breakfast, I went to the mosque with my family.

After the Eid prayer and sermon finished around 09.00 am, we did “sungkeman”, a tradition where we show respect to our elders. Then, we took some photos together to remember the day.

After sungkeman and the photos session, we had a yummy brunch with rice cake, meatball soup, and opor. My favorite was the spicy meatball soup! After eating, we visited our neighbors, friends, and relatives to share the happiness of Eid.

Liburan Hari Raya di Tempat Kakek Nenek

Menjelang berakhirnya Ramadhan 1445 H, aku begitu bersemangat menyambut Idul Fitri. aku bangun pagi-pagi untuk bersiap-siap melaksanakan salat Idul Fitri khusus pada pukul 07.00 pagi. Setelah sholat dan sarapan sebentar, aku pergi ke masjid bersama keluargaku.

Setelah salat Idul Fitri dan khutbah selesai sekitar pukul 09.00 WIB, kami melakukan sungkeman, sebuah tradisi dimana kami menunjukkan rasa hormat kepada orang yang lebih tua. Kemudian, kami mengambil beberapa foto bersama untuk mengenang hari itu.

Setelah sungkeman dan sesi foto, kami menikmati makan yang lezat dengan lontong, bakso, dan opor. Favoritku adalah bakso pedas! Usai makan, kami mengunjungi tetangga, sahabat, dan sanak saudara untuk berbagi kebahagiaan Idul Fitri.

Contoh Recount Text Singkat tentang Lebaran - Liburan Lebaran

My Eid Holiday

Last Ramadan, my family and I celebrated Eid al-Fitr at my grandparents’ house in Tulungagung, East Java. Since my parents were often busy with work, we didn't visit there much. So, when we had the chance, I was really excited because it was my first-time celebrating Eid there.

The first day of Eid was full of excitement. Like many Javanese families, our relatives in Tulungagung gathered at my grandparents’ house. It was a warm reunion as my grandparents welcomed everyone warmly. My parents and I were thrilled to reconnect with relatives we hadn't seen in a while. We spent the entire day chatting, sharing stories, and enjoying traditional dishes like rice cake and opor.

The next day, we visited our relatives across Tulungagung. Riding motorcycles, we navigated through the busy traffic and some tricky roads to reach each house. It was a fun trip, visiting each family member and catching up with them.

Liburan Idul Fitriku

Ramadhan lalu, aku dan keluarga merayakan Idul Fitri di rumah kakek dan nenek di Tulungagung, Jawa Timur. Karena orang tuaku sering sibuk dengan pekerjaannya, kami jarang berkunjung ke sana. Jadi, ketika ada kesempatan, aku sangat bersemangat karena ini pertama kalinya aku merayakan Idul Fitri di sana.

Hari pertama Idul Fitri penuh dengan kemeriahan. Seperti kebanyakan keluarga Jawa, kerabat kami di Tulungagung berkumpul di rumah kakek dan nenek. Hal tersebut adalah reuni yang hangat ketika kakek dan nenek saya menyambut semua orang dengan hangat. Aku dan orang tuaku sangat senang bisa bertemu kembali dengan kerabat yang sudah lama tidak kami temui. Kami menghabiskan sepanjang hari mengobrol, berbagi cerita, dan menikmati hidangan tradisional seperti ketupat dan opor.

Keesokan harinya, kami mengunjungi saudara kami di Tulungagung. Mengendarai sepeda motor, kami melewati lalu lintas yang padat dan beberapa jalanan yang sulit untuk mencapai setiap rumah. Itu adalah petualangan yang menyenangkan, mengunjungi setiap anggota keluarga dan bertemu dengan mereka.

Contoh Recount Text Singkat tentang Lebaran - Perayaan Lebaran

Celebrating Lebaran

My Lebaran holiday began with preparations starting a couple of days before the actual celebration. Two days ahead of Lebaran, my family and I rolled up our sleeves and gave our house a thorough cleaning. This was followed by a trip to the market to purchase new clothes, as is customary in welcoming Eid.

On the evening before Lebaran, known as "malam takbiran," our kitchen buzzed with activity as we prepared traditional dishes such as rice cake, chicken curry, and beef rendang. The aroma filled the air, adding to the excitement and anticipation of the tomorrow’s festivities.

On Lebaran day, we woke up early for the Eid prayer at the mosque, joining a bustling crowd in a joyful atmosphere. Afterward, we exchanged warm greetings and apologies with loved ones and neighbors. The highlight of the holiday was the lively gathering at my grandparent’s house, where relatives from different places enjoyed delicious food and shared laughter. I'm grateful for these moments and look forward to next year's celebrations.

Merayakan Lebaran

Libur Lebaranku dimulai dengan persiapan yang dimulai beberapa hari sebelum perayaan sebenarnya. Dua hari menjelang Lebaran, aku dan keluarga menyingsingkan lengan baju dan membersihkan rumah secara menyeluruh. Dilanjutkan dengan jalan-jalan ke pasar untuk membeli baju baru, sebagaimana adat dalam menyambut Idul Fitri.

Pada malam menjelang Lebaran, yang dikenal sebagai "malam takbiran", dapur kami ramai dengan aktivitas menyiapkan hidangan tradisional seperti lontong, kari ayam, dan rendang daging sapi. Aromanya memenuhi udara, menambah kemeriahan dan penantian akan perayaan besok.

Di hari Lebaran, kami bangun pagi untuk salat Ied di masjid, bergabung dengan keramaian dalam suasana yang gembira. Setelahnya, kami saling bersalam hangat dan meminta maaf dengan orang-orang terkasih dan para tetangga. Puncak liburan ini adalah kemeriahan berkumpul di rumah kakek dan nenekku, dimana sanak saudara dari berbagai daerah menikmati makanan lezat dan berbagi tawa. Aku bersyukur atas momen-momen ini dan menantikan perayaan tahun depan.

Contoh Recount Text Singkat tentang Lebaran - Mudik Lebaran

Eid Homecoming

Homecoming for Lebaran, known as mudik in Indonesia, is a tradition where families travel back to their hometowns to celebrate Eid together. This year, my family and I decided to partake in this tradition and traveled to my hometown in Malang, East Java.

Our trip began the day before the holiday. After packing our bags, we got in the car journey filled with anticipation. Despite the crowded roads, the atmosphere was joyful as everyone looked forward to reuniting with loved ones.

Despite the fatigue from the long trip, the excitement of being back in my hometown was palpable. The air was rich with the aroma of traditional dishes being prepared, and the sound of takbir filled the streets. Warm embraces awaited us as we were greeted warmly by our grandparents and relatives. Although the trip was long and tiring, it was all worth it to be able to spend the holiday in our hometown.

Mudik Lebaran

Pulang untuk berlebaran, yang dikenal sebagai mudik di Indonesia, adalah tradisi di mana keluarga kembali ke kampung halaman untuk merayakan Idul Fitri bersama. Tahun ini, saya dan keluarga memutuskan untuk mengikuti tradisi ini dan melakukan perjalanan ke kampung halaman saya di Malang, Jawa Timur.

Perjalanan kami dimulai sehari sebelum liburan. Setelah mengemasi tas kami, kami masuk ke dalam mobil dengan penuh penantian. Meski jalanan padat, suasananya tetap ceria karena semua orang menantikan untuk bertemu kembali dengan orang-orang terkasih.

Meski lelah karena perjalanan jauh, kegembiraan bisa kembali ke kampung halaman sangat terasa. Udara dipenuhi aroma masakan tradisional, dan suara takbir memenuhi jalanan. Pelukan hangat menanti kami saat kami disambut dengan hangat oleh kakek nenek dan sanak saudara kami. Meski perjalanan panjang dan melelahkan, namun tak sia-sia rasanya bisa menghabiskan liburan di kampung halaman.

Contoh Recount Text Singkat tentang Lebaran di Rumah Kakek Nenek

Visiting Grandparents on Eid Holiday

This year's Lebaran holiday had special meaning as I visited my grandparents in their peaceful village in Central Java. Their warm welcome greeted us upon our arrival, filled with shared stories and the preparation of traditional dishes.

After the morning Eid prayer at the local mosque, we visited our relatives, friends, and neighbors throughout the village. Each encounter was marked by hospitality and warmth, reinforcing the bonds of community.

In the afternoon, we returned to my grandparents’ home, we joined the family to celebrate Eid together, savoring delicious food and enjoying playful moments with local children. This holiday was truly unforgettable, filled with love and laughter, and I eagerly await the next Lebaran visit.

Berkunjung Ke Rumah Kakek Nenek di Hari Raya

Libur Lebaran tahun ini memiliki arti tersendiri ketika saya mengunjungi kakek dan nenek saya di desa mereka yang damai di Jawa Tengah. Sambutan hangat mereka menyambut kedatangan kami, diisi dengan berbagi cerita dan persiapan hidangan tradisional.

Usai salat Idul Fitri di masjid setempat, kami mengunjungi saudara, teman, dan tetangga kami di seluruh desa. Setiap pertemuan ditandai dengan keramahtamahan dan kehangatan yang memperkuat ikatan silaturahmi.

Sore harinya, kami kembali ke rumah kakek dan nenek saya, kami mengikuti perayaan keluarga, menikmati makanan lezat dan menikmati momen menyenangkan bersama anak-anak setempat. Liburan kali ini sungguh tak terlupakan, penuh dengan cinta dan tawa, dan saya sangat menantikan kunjungan Lebaran berikutnya.

Nah, itulah 5 contoh recount text singkat tentang liburan Lebaran dan artinya yang bisa kamu jadikan referensi dalam penulisan tugas recount teks bahasa Inggris. Semoga contoh recount text tersebut bisa membantu dan mempermudah tugas recount text bahasa Inggris kamu.