Perbedaan Childish vs Childlike dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Kata “childish vs childlike” merupakan kata yang hampir mirip maknanya secara literal namun juga memiliki perbedaan dalam penggunaannya pada kalimat Bahasa Inggris. Kali ini ContohText akan membahas penjelasan tentang perbedaan apa saja, dan bagaimana penggunaan childish vs childlike dalam kalimat bahasa Inggris.

Perbedaan Childish vs Childlike dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya


Perbedaan “Childish vs Childlike”

Kedua kata ini memang memiliki part of speech yang sama yakni digunakan sebagai kata sifat atau adjective dalam bahasa Inggris. Hal yang membedakan kedua kata “childish vs childlike” adalah konteks yang ditimbulkan ketika seseorang mengatakannya.

Kata “childish” cenderung digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki sifat kekanak-kanakan dalam artian sifat tersebut buruk atau untuk memberikan pendapat (secara negatif) bahwa apa yang dilakukan oleh seseorang tersebut buruk.

Sedangkan untuk kata “childlike” sendiri memiliki makna atau konteks yang berbeda dengan “childish”. Kata “childlike” memiliki arti seseorang tersebut memiliki sifat-sifat baik yang biasanya dimiliki anak-anak semisal kepercayaan, kejujuran, antusiasme, dan karakterisistik positif anak-anak lainnya yang masih polos dan lugu.


Penggunaan “Childish vs Childlike”

Childlike dan childish memiliki penggunaan yang sama secara struktur grammaticalnya seperti kata sifat lainnya, yakni disematkan pada kata benda yang dituju.


Contoh penggunaan childish yang memiliki konteks makna secara negatif sebagai berikut:

•    How very childish of her to refuse to speak to me! (Kekanak-kanakan sekali dia menolak untuk bicara denganku!)

•    I expected more mature behavior from him, but he can be quite childish at times. (Aku berharap perilaku yang lebih dewasa darinya, tapi dia bisa jadi sangat kekanak-kanakan.)

•    I've had enough of your childish pranks. (Aku sudah muak dengan berbagai kejahilan kekanak-kanakanmu itu.)

•    "Stop this childish nonsense at once!" Mike shouted furiously. (“Hentikan hal kekanak-kanakan ini sekarang!” teriak Mike dengan begitu geram.)

•    Don't be so childish - just give me the keys and stop messing about. (Dewasalah, berikan padaku kuncinya dan berhentilah bermain-main.)

•    She said we should be ashamed of our childish behaviour - fighting over who got the last strawberry. (Dia bilang kita seharusnya malu dengan kelakuan bocah kita, saling berebut stroberi yang tersisa paling akhir.)

•    The argument escalated when they started throwing childish insults at each other. (Pertengkaran secara cepat memuncak saat mereka mulai melontarkan hinaan yang kekanak-kanakan satu sama lainnya.)

•    His response to criticism was rather childish; he stormed off in a huff. (Tanggapannya akan kritik agak kekanak-kanakan; dia bergegas pergi dan menggerutu kesal.)


Contoh penggunaan childlike yang memiliki konteks positif dalam percakapan atau kalimat seperti di bawah ini:

•    She’s pretty adorable with her childlike ways. (Dia begitu memikat hati dengan tingkah kekanak-kanakannya.)

•    His childlike laughter filled the room with joy. (Tawa kekanak-kanakannya memenuhi ruangan dengan rasa sukacita.)

•    All her life she had a childlike trust in other people. (Sepanjang hidupnya dia memiliki kepercayaan layaknya anak-anak kepada orang lain.)

•    She has a childlike love for colorful toys. (Dia memiliki kecintaan yang kekanak-kanakan pada mainan yang berwarna-warni.)

•    He’s trying to make his dream comes true in a such fully childish optimism. (Dia berupaya mewujudkan mimpinya dengan penuh rasa optimis seperti anak-anak.)

•    The child drew a picture with childlike enthusiasm. (Anak-anak tersebut menggambar gambar dengan antusiasme yang kekanak-kanakan.)

•    The puppy's childlike energy was infectious. (Energi kekanak-kanakan anak anjing itu menular.)

•    The story had a childlike simplicity that made it easy to understand. (Cerita tersebut memiliki kesederhanaan yang kekanak-kanakan yang membuatnya mudah dimengerti.) 

•    Despite his age, he maintained a childlike curiosity about the world. (Meski usianya sudah lanjut, ia tetap memiliki rasa ingin tahu layaknya anak-anak terhadap dunia.)

•    Her childlike innocence and honesty were truly heartwarming. (Kepolosan dan kejujurannya yang kekanak-kanakan benar-benar menyentuh hati.)

•    The artist's paintings captured a sense of childlike imagination and playfulness. (Lukisan si seniman tersebut menangkap rasa imajinasi dan keceriaan yang kekanak-kanakan.)

•    The old toy brought back memories of her childlike joy and excitement. (Mainan yang lama kamu beli membawa kembali kenangan akan sukacita dan kegembiraan yang kekanak-kanakan.)

•    The story had a childlike charm that resonated with readers of all ages. (Kisahnya memiliki daya tarik kekanak-kanakan yang disukai pembaca dari segala rentang usia.)


Kesimpulan Perbedaan Childish Vs Childlike

Dari pembahasan di atas, dapat kita simpulkan secara gari besar yakni perbedaan childish vs childlike itu terletak pada konotasi maknanya. Jadi secara singkat, “childish vs childlike” memiliki perbedaan dalam konteks pembicaraan terhadap lawan bicaranya, childish condong bermakna negatif seperti orang tidak dewasa, bodoh, dan ceroboh, sedangkan childlike memiliki makna positif yang hampir dapat diartikan kekanak-kanakan yang lugu, polos, dapat dipercaya, bersemangat dan lain sebagainya.