7 Contoh Recount Text Lengkap dengan Struktur dan Terjemahannya

Salah satu teks bahasa Inggris dasar yang perlu kita pelajari di sekolah yaitu recount text. Tapi apa itu recount text? Recount text merupakan text yang bertujuan untuk menceritakan kembali kejadian atau peristiwa yang sudah terjadi di masa lampau kepada pembaca.

Karena recount text berisikan peristiwa atau kejadian masa lampau maka tenses yang digunakan yakni past tense. Selain simple past tense, kita juga bisa menggunakan beberapa variasi tenses untuk masa lampau lain seperti past continuous tense, past perfect, dan past perfect continuous tergantung dengan konteks kalimatnya.

Struktur recount text terdiri dari 3 bagian, yakni orientation (pengenalan), events (peristiwa atau kejadian), dan reorientation (kesimpulan atau penutup). Agar mudah diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Inggris, recount text biasanya berisi menceritakan tentang pengalaman pribadi.

Contoh Recount Text
Image by wayhomestudio on Freepik

Agar lebih jelas buat kamu dalam mempelajari recount text, berikut 7 contoh recount text singkat beserta dengan struktur dan terjemahannya.

Contoh Recount Text 1

Coming Late to School

Orientation:

I have never come late to school until last Monday. It was the first day I came late to school.

Events:

I was staying up late until 1 a.m. because I had to finish my science assignment. I set my phone alarm to 5 a.m. I woke up at 06.30 in the morning and wondered why I didn’t hear my alarm. It turned out that my phone run out of battery because I forgot to charge it. I rushed to the bathroom, changed into my school uniform, and even I skipped my breakfast. Unfortunately, I couldn’t make it on time and was punished for being late.

Resolution:

After that day, I promised myself not to be careless again and not do my assignment rushed.

Terjemahan Contoh Recount Text 1

Datang Terlambat ke Sekolah

Aku tidak pernah datang terlambat ke sekolah sampai hari Senin yang lalu. Ini adalah hari pertama aku datang terlambat ke sekolah.

Aku begadang sampai jam 1 pagi karena aku harus menyelesaikan tugasku IPA. Aku menyetel alarm ponselku ke jam 5 pagi. Aku bangun jam 06.30 pagi dan bertanya-tanya mengapa aku tidak mendengar alarm. Ternyata ponselku kehabisan baterai karena aku lupa mengisi dayanya. Aku bergegas ke kamar mandi, berganti ke seragam sekolahku, dan bahkan tidak sempat sarapan. Sayangnya, aku tidak bisa datang tepat waktu dan dihukum karena terlambat.

Setelah hari itu, aku berjanji pada diri sendiri untuk tidak ceroboh lagi dan tidak mengerjakan tugas dengan tergesa-gesa.

Contoh Recount Text 2

My Bad Spicy Experience

Orientation:

I love spicy food so much. Even after I got sick from it a few days ago, I still love it.

Events:

Last week my friend treated me because it was her birthday. We went to our favorite meatball stall. Because I was so hungry, I couldn’t wait for my meatball. As our order came, I put too much chili sauce into my bowl. It was so spicy and delicious. After I finished it, it was fine. But after I got home, I felt like my stomach was on fire. It was very painful. I got a fever and diarrhea for 2 days.

Resolution:

After those terrible days, I got better and I promised won’t break my spicy level.

Terjemahan Contoh Recount Text 2

Pengalaman Pedas Burukku

Aku sangat menyukai makanan pedas. Bahkan setelah aku sakit karena hal tersebut beberapa hari yang lalu, aku masih menyukainya.

Minggu lalu temanku mentraktirku karena hari itu adalah hari ulang tahunnya. Kami pergi ke warung bakso favorit kami. Karena aku sangat lapar, aku tidak sabar menunggu baksoku. Saat pesanan kami datang, aku memasukkan terlalu banyak saus cabai ke dalam mangkuk. Itu rasanya sangat pedas dan lezat. Setelah aku selesai makan, itu rasanya baik-baik saja. Tapi setelah aku sampai di rumah, aku merasa perutku seperti terbakar. Itu sangat menyakitkan. Aku mengalami demam dan diare selama 2 hari.

Setelah hari-hari yang mengerikan itu, aku menjadi lebih baik dan saya berjanji tidak akan menerobos batas kepedasanku.

Contoh Recount Text 3

An Unexpected Scene in the Market

Orientation:

Last Sunday, I went to the nearby traditional market in my town to buy groceries. I also brought a shopping list just in case I forgot what I needed to buy.

Events:

After I arrived at the market, I headed to the vegetable section to buy some fresh water spinach. While I was bargaining the price, I saw a crowd caught a pickpocket and they were trying to beat him. I immediately called the police because I didn’t want to see the condition getting worse. The witness said that the pickpocket tried to steal a woman’s wallet. By seeing that, he shouted loudly.

Resolution:

It was a shocking moment that I experienced last Sunday and I hoped that will be the only one and last time.

Terjemahan Contoh Recount Text 3

Adegan Tak Terduga di Pasar

Hari Minggu lalu, aku pergi ke pasar tradisional terdekat di kotaku untuk membeli bahan makanan. Aku juga membawa daftar belanjaan kalau-kalau aku lupa apa yang perlu aku beli.

Setelah aku sampai di pasar, aku menuju ke bagian sayuran untuk membeli kangkung segar. Ketika aku sedang menawar harga, aku melihat orang banyak menangkap seorang pencopet dan mereka mencoba untuk memukulinya. Aku langsung menelepon polisi karena tidak ingin melihat kondisinya semakin buruk. Saksi mengatakan bahwa pencopet mencoba mencuri dompet seorang wanita. Melihat itu, dia berteriak keras.

Itu adalah momen mengejutkan yang aku alami hari Minggu yang lalu dan aku berharap itu akan menjadi satu-satunya dan terakhir kalinya.

Contoh Recount Text 4

Joined Cracker-eating Competition

Orientation:

Last month my village celebrated the independent day by holding some fun competitions for kids and teenagers. There were many people who came to see the competition.

Events:

I joined one of those competitions, which was a cracker-eating competition. There were 10 people who joined it. When it started, all of us tried to eat the hanging cracker as quickly as we could. I tried my best and never expected to be a winner. At the end of the competition, I finally managed to eat up my cracker and became the second winner. The prize was three notebooks and a pencil.

Resolution:

That was so fun and I used those books for taking notes at school.

Terjemahan Contoh Recount Text 4

Ikut Lomba Makan Kerupuk

Bulan lalu kampungku merayakan hari kemerdekaan dengan mengadakan beberapa lomba seru untuk anak-anak dan remaja. Ada banyak orang yang datang untuk melihat lombanya.

Aku mengikuti salah satu lomba tersebut, yaitu lomba makan kerupuk. Ada 10 orang yang ikut. Saat sudah mulai, kami semua mencoba memakan kerupuk yang tergantung secepat mungkin. Aku berusaha semaksimal mungkin dan tidak berharap untuk menjadi pemenang. Di akhir lomba, akhirnya aku berhasil memakan habis kerupukku dan menjadi juara kedua. Hadiahnya adalah tiga buku catatan dan sebuah pensil.

Itu sangat menyenangkan dan aku menggunakan buku-buku itu untuk mencatat di sekolah.

Contoh Recount Text 5

Visiting My Grandpa’s Hometown

Orientation:

Last semester holiday, my family and I visited my grandpa’s hometown. We spent there about one week.

Events:

Usually, it was summer when we went there, but that time was the rainy season. We couldn’t visit some tourist places there because it rained almost every day. It was also difficult to dry our laundry because there wasn’t enough sunlight. So, we mostly just stayed at home all day long. We had an exciting conversation with grandpa, he told us about his youth. I also helped my grandma to prepare traditional meals.

Resolution:

The rain might make that holiday a little different but having simple activities with our families was quite fun.

Terjemahan Contoh Recount Text 5

Mengunjungi Kampung Halaman Kakek Saya

Liburan semester lalu, aku dan keluarga mengunjungi kampung halaman kakekku. Kami menghabiskan waktu di sana sekitar satu minggu.

Biasanya saat itu musim panas ketika kami pergi ke sana, tapi saat itu sedang musim hujan. Kami tidak bisa mengunjungi beberapa tempat wisata disana karena hampir setiap hari turun hujan. Juga sulit untuk mengeringkan cucian kami karena tidak ada cukup sinar matahari. Jadi, kami kebanyakan hanya tinggal di rumah sepanjang hari. Kami mengobrol seru dengan kakek, dia bercerita tentang masa mudanya. Saya juga membantu nenek menyiapkan makanan tradisional.

Hujan mungkin akan membuat liburan kali ini sedikit berbeda, namun kegiatan sederhana bersama keluarga cukup menyenangkan.

Contoh Recount Text 6

Climbing Argo Lawe Mountain

Orientation:

Last holiday, my friends and I went to the Argo Lawe Mountain in Trenggalek for climbing. I have never tried mountain climbing before, so it was my first time.

Events:

We started climbing at 7 in the morning. It was a nice morning with warm sunshine. We didn’t feel any worry because we had a local climber as our guide. We climbed slowly and enjoyed every moment. The track wasn’t hard because the highest point is just 950 mdpl. When we reached the top, we took a break and ate the meal that we brought. We stayed there for a few hours to enjoy the great view.

Resolution:

I think that was the greatest experience I have ever had so far. It was exhausting but so much fun at the same time.

Terjemahan Contoh Recount Text 6

Mendaki Gunung Argo Lawe

Liburan lalu, aku dan teman-teman pergi ke Gunung Argo Lawe di Trenggalek untuk mendaki. Aku belum pernah mencoba mendaki gunung sebelumnya, jadi ini pertama kalinya bagiku.

Kami mulai mendaki jam 7 pagi. Itu adalah pagi yang menyenangkan dengan sinar matahari yang hangat. Kami tidak merasa khawatir karena kami memiliki pendaki lokal sebagai pemandu kami. Kami mendaki perlahan dan menikmati setiap momen. Jalannya tidak sulit karena titik tertingginya hanya 950 mdpl. Sesampainya di puncak, kami istirahat sejenak dan menyantap bekal yang kami bawa. Kami tinggal sejenak di sana selama beberapa jam untuk menikmati pemandangan indah.

Aku pikir itu adalah pengalaman terbesar yang pernah aku miliki sejauh ini. Itu melelahkan tetapi pada saat yang bersamaan juga sangat menyenangkan.

Contoh Recount Text 7

Fun School Trip to Borobudur Temple

Orientation:

Last year, my school held a school trip to Borobudur Temple. We went there by bus. We left our school at 10 p.m. in order to get there by the morning.

Events:

After we arrived there, our teacher bought us the tickets for us. Then we went up to the top of the temple. That was an amazing structure I have ever seen and the surrounding view was great. We learnt many things about Borobudur Temple there. Finally, after we finished the tour at the Temple, we went to the hotel and stayed for a night to continue our trip the next day.

Resolution:

It was an exhausting trip but we were so happy to visit Borobudur Temple which is known as the greatest ancient structure in Indonesia.

Terjemahan Contoh Recount Text 7

Karyawisata Sekolah yang Menyenangkan ke Candi Borobudur

Tahun lalu, sekolah saya mengadakan perjalanan wisata sekolah ke Candi Borobudur. Kami pergi ke sana dengan bus. Kami berangkat dari sekolah kami pada jam 10 malam agar sampai ke sana pada pagi hari.

Setelah kami tiba di sana, guru kami membelikan kami tiket untuk kami. Lalu kami naik ke puncak candi. Itu adalah bangunan luar biasa yang pernah saya lihat dan pemandangan sekitarnya sangat bagus. Kami belajar banyak hal tentang Candi Borobudur di sana. Akhirnya setelah kami selesai tour di Candinya, kami pergi ke hotel dan menginap semalam untuk melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Itu adalah perjalanan yang melelahkan tetapi kami sangat senang mengunjungi Candi Borobudur yang dikenal sebagai bangunan kuno terbesar di Indonesia.