15 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Bikin Cuan

Di era modern yang serba terkoneksi internet ini, bukan hal yang sulit untuk menghasilkan uang tambahan dari bisnis online, tak terkecuali buat yang masih duduk di bangku sekolah. Ada banyak ide bisnis online untuk pelajar yang tidak memerlukan modal besar dan keahlian khusus.

Tapi ada hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memulai ide bisnis online untuk pelajar ini, yaitu pada dasarnya untuk menjalankan bisnis online ini kamu harus tahu dan memahami bagaimana suatu bisnis itu berjalan, serta bagaimana bersikap profesional dalam menghadapi pelanggan. Tanpa dasar kedua hal tersebut, bisa dipastikan usaha yang akan kamu jalankan kurang bisa berjalan lancar dan bahkan akan kesulitan dalam menjaga loyalitas pelanggan.

Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkan

Nah, buat kamu yang lagi bingung cari ide bisnis online untuk pelajar yang mudah dilakukan dan menguntungkan, berikut 15 ide usaha atau bisnis online untuk pelajar yang bisa dicoba:

1. Jualan Pulsa dan Paket Data

ide bisnis online untuk pelajar jual pulsa
Asian phone photo created by tirachardz - www.freepik.com

Pulsa dan paket data nampaknya sudah menjadi sebuah kebutuhan di zaman sekarang. Oleh karena itulah kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk berjualan pulsa elektrik dan juga paket data. Kamu bisa menggunakan berbagai penyedia aplikasi beli pulsa murah yang banyak tersedia. 

Saya sendiri biasa menggunakan Mitra Tokopedia dan memang lebih murah kalau dibandingkan dengan beberapa aplikasi beli pulsa lainnya. Harga jual pulsanya bisa kamu tentukan sendiri dan kamu bisa ambil untung sekitar 500 hingga 2000 rupiah per transaksinya.

2. Jual Jasa Bayar Listrik

ide bisnis online untuk pelajar jual token listrik
Electric bulb photo created by jannoon028 - www.freepik.com

Sama halnya dengan jualan pulsa dan paket data, ide bisnis online untuk pelajar yang kedua ini juga bisa dijalankan menggunakan aplikasi beli token listrik. Saya juga biasa menggunakan Mitra Tokopedia buat beli token listrik dengan harga yang lebih murah. Jadi kalau ingin berjualan jasa ini kamu bisa ambil untung sekitar 1000 hingga 2000 rupiah per transaksinya dari margin penjualan.

3. Blogger

ide bisnis online untuk pelajar blogger
Online community photo created by rawpixel.com - www.freepik.com

Buat kamu yang memiliki hobi dan skill menulis yang lumayan, ide bisnis online untuk pelajar satu ini cocok banget. Kamu bisa membuat blog yang sesuai dengan hal-hal yang kamu sukai dan cukup memiliki pengalaman di dalamnya, contohnya saja kalau kamu suka make-up, kamu bisa coba membuat konten review berbagai produk make-up. Kalau kamu suka jalan-jalan dan makan-makan, konten travelling dan food review bisa jadi pilihan.

Yang perlu diingat di sini, artikel yang kamu tulis baiknya sudah diperhitungkan siapa saja yang akan jadi target pembacanya dan pastikan memang isi artikel bermanfaat sehingga dicari orang. Nantinya setelah konten blog kamu sudah memadai, kamu bisa mencoba untuk ikut program Google AdSense atau program periklanan lainnya. Selain itu, ada juga beberapa penawaran content placement dan endorse kalau blog kamu sudah memiliki traffic pengunjung yang banyak.

4. Menjadi Affiliate Marketer

ide bisnis online untuk pelajar affiliate marketer
Workaholic photo created by DCStudio - www.freepik.com

Ide bisnis online untuk pelajar yang cukup mudah lainnya yakni dengan mengikuti program afiliasi yang ditawarkan oleh berbagai penyedia produk atau jasa di internet. Di sini kamu akan mendapatkan komisi dari setiap transaksi dari pembelian produk tersebut. Contohnya saja Shopee Affiliate, Tokopedia Affiliate, dan masih banyak lagi program lainnya.

Setelah selesai melakukan pendaftaran program affiliate dan diterima, kamu biasanya akan diberikan link URL affiliate atas akunmu. Jadi, setiap ada konsumen yang membeli produk dari link tersebut, kamu akan dapat besaran komisi sesuai dengan ketentuan program affiliate-nya. Kamu bisa coba menawarkan dan menyebarkan link URL di akun sosial media yang kamu miliki atau kalau kamu punya blog, kamu bisa review dan menjadikan produk tersebut sebagai topik copywriting.

5. Reseller

ide bisnis online untuk pelajar reseller
Online seller photo created by tirachardz - www.freepik.com

Jualan dengan sistem reseller ini merupakan salah satu ide bisnis online untuk pelajar yang umum dilakukan. Di sini kamu tak perlu repot memikirkan proses produksi dan cukup membeli barang dari supplier dengan harga grosir alias dalam jumlah banyak. Kamu bisa ambil untung dengan cara menjual kembali produk tersebut secara eceran atau retail.

Kalau kamu masih terkendala modal, kamu bisa menerapkan sistem pre-order. Jadi, kamu hanya akan melakukan pembelian barang dari supplier jika pesanan sudah terkumpul. Banyak pilihan produk yang bisa kamu pilih untuk dijual kembali, misalnya saja pakaian wanita, baju anak, mainan, skin care, produk kecantikan, hingga makanan dan minuman.

6. Dropshipper

ide bisnis online untuk pelajar dropshipper
Sell online photo created by jcomp - www.freepik.com

Kalau modal kamu minim banget sehingga terkendala kalau mau stock barang terlebih dulu, jualan dengan sistem dropshipper ini bisa jadi pilihan ide bisnis online untuk pelajar yang bagus. Berbeda halnya dengan reseller, dropshipper hanya perlu menjual barang dari supplier tanpa harus stock barang terlebih dulu. Selain itu, untuk urusan pengemasan dan pengiriman produk juga sudah ditangani oleh supplier.

Tugas kamu hanya mempromosikan produk dan untuk keuntungan dari setiap pembelian bisa kamu tentukan sendiri. Usahakan harga jual yang kamu patok tetap kompetitif, jadi meski ambil untung tidak banyak namun bisa tetap bersaing dengan penjual retail lain.

7. Jasa Penulisan Artikel

ide bisnis online untuk pelajar jasa penulisan artikel
Man work photo created by drobotdean - www.freepik.com

Selain menjadi blogger, ide bisnis online untuk pelajar selanjutnya ini cocok banget buat kamu yang punya keahlian menulis. Berbeda dengan blogger yang perlu waktu mengembangkan blog supaya bisa menghasilkan uang, pada jasa penulisan artikel ini kamu akan dapat uang dari setiap artikel yang lolos tahap revisi.

Untuk panjang artikel, tarif, dan topiknya sendiri biasanya menyesuaikan dari permintaan client atau pelanggan. Kamu bisa menawarkan jasa penulisan artikelmu di berbagai platform yang menghubungkan freelancer dan pencari jasa, seperti group blogger di Facebook yang lumayan banyak butuh penulis freelance.

8. Jasa Foto Produk

ide bisnis online untuk pelajar foto produk
Product photo created by freepik - www.freepik.com

Buat kamu yang hobi fotografi, kamu bisa menjadikannya peluang usaha dengan memulai jasa foto produk. Target pasar jasa ini biasanya para penjual online yang ingin membuat katalog produk yang bagus dan menarik. Kamu bisa memulai jasa ini dengan mematok harga yang kompetitif atau menerapkan harga di bawah pasaran sebagai promo guna menarik pelanggan baru.

Kamu bisa mengajak temanmu bekerja sama untuk dijadikan model foto dari produk jika diperlukan. Tapi yang terpenting adalah bagaimana kemampuan kamu dalam membuat konsep dan memanfaatkan peralatan yang ada dalam proses kreatif ini sehingga menghasilkan foto produk yang menarik bagi pembeli.

9. Jual Barang Preloved atau Barang Bekas

ide bisnis online untuk pelajar jualan barang preloved
Clothes rack photo created by jannoon028 - www.freepik.com

Kalau kamu punya barang preloved atau bekas tidak terpakai dengan kondisi yang masih bagus dan layak digunakan, kamu bisa coba menjualnya di marketplace. Kalau kamu tidak punya, kamu bisa coba menawarkan ke teman-teman atau tetangga sekitar yang ingin menjual barang bekas mereka. 

Banyak pilihan barang bekas yang bisa dijual seperti pakaian, barang elektronik, tas, sepatu, dan lain sebagainya. Jangan salah lho, banyak orang yang mencari barang bekas alias seken secara online, mengingat harganya bisa jauh lebih murah dengan kualitas yang masih lumayan bagus.

10. Jual Foto Online

ide bisnis online untuk pelajar jualan foto online
Old camera photo created by wirestock - www.freepik.com

Buat kamu yang punya kamera DSLR atau mirrorless dan sekelasnya ataupun memiliki skill fotografi yang mumpuni, kamu bisa coba peluang usaha satu ini. Tugas kamu di sini yakni hunting foto yang ada di sekitar, terutama yang berhubungan dengan alam. Atau kamu bisa riset foto apa yang banyak diminati di website penyedia foto stok seperti Shutterstock, Pixabay, Freepik dan lain sebagainya. 

Upload foto-fotomu di berbagai situs penyedia foto stok tersebut. Kamu bisa menentukan sendiri harga dari karya fotomu tersebut. Jadi setiap ada yang tertarik dan ingin membeli hasil karyamu, kamu akan mendapatkan uang dari penjualannya.

11. YouTuber

ide bisnis online untuk pelajar youtuber
Vlogger photo created by freepik - www.freepik.com

Siapa coba yang tak kenal bisnis online satu ini, hampir semua orang saat ini sadar dan tertarik dengan peluang usaha satu ini. Kamu bisa membangun channel-mu sendiri dengan memilih topik konten yang kamu suka dan kuasai. Contohnya saja kalau kamu suka teknologi, kamu bisa berbagai konten tentang teknologi yang bermanfaat, kalau suka jalan-jalan bisa buat konten video travelling, atau buat yang suka masak bisa buat konten memasak.

Untuk bisa mendapatkan uang dari YouTube kurang lebih sama seperti Blog, yakni ketika konten sudah mumpuni (memiliki 1000 subscriber dan 4000 jam tayang) maka kamu sudah bisa coba ikut program Google AdSense. Selain itu, dengan jumlah viewer yang lumayan banyak, tidak menutup kemungkinan akan ada produk endorse yang masuk.

12. Streamer

ide bisnis online untuk pelajar streamer
Pc game photo created by DCStudio - www.freepik.com

Kamu suka main game dan punya karakter atau penampilan menarik? Tak ada salahnya buat mencoba peluang ide bisnis online untuk pelajar satu ini. Belakang ini banyak orang yang live streaming saat mereka main video game dan mendapatkan banyak penonton. Seorang streamer bisa dapat uang dari donasi yang diberikan oleh penonton atau bisa juga dari kontrak kerjasama dengan platform live streaming yang digunakan.

Untuk pendapatan lewat donasi, biasanya bentuknya berbeda-beda tiap platform, ada yang dalam bentuk koin, sticker gift, dan masih banyak lagi. Selanjutnya donasi tersebut bisa diuangkan sesuai dengan jumlah estimasi yang didapatkan oleh streamer.

13. Influencer

ide bisnis online untuk pelajar influencer
Vlogger photo created by tirachardz - www.freepik.com

Kalau kamu tertarik menjadi influencer tapi masih bingung cara untuk memulainya, kamu bisa coba dengan membangun personal branding terlebih dulu. Hal ini dilakukan untuk membangun persepsi publik tentang dirimu lewat jejaring sosial media yang kamu miliki, semisal Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. 

Sebagai contoh karakter yang bisa diambil untuk dikembagkan, semisal orang yang ramah, anggun, ceria, jutek, hingga karakter yang absurd atau tidak jelas sekalipun selama bisa menarik engagement bisa diteruskan. Setelah menemukan karakter yang pas, pastikan untuk konsisten yang menghibur dan bermanfaat.

Ketika follower sudah banyak dan performa engagement juga bagus, sangat terbuka kemungkinan akan banyak brand yang ingin bekerja sama untuk dipromosikan produknya. 

14. Jasa Penerjemah

ide bisnis online untuk pelajar jasa penerjemah
Student writing photo created by yanalya - www.freepik.com

Kalau kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya yang bagus, ide bisnis online untuk pelajar ini layak banget dicoba. Untuk yang dekat dengan daerah wisata, kamu bisa coba menawarkan jasa penerjemah sekaligus tour guide untuk memudahkan wisatawan asing yang ingin berlibur.

Kamu bisa juga menerjemahkan teks dengan tarif per lembar atau bahkan per kata. Kamu bisa menawarkan jasa penerjemahanmu di berbagai platform freelancer yang banyak tersedia di internet.

15. Jualan Kerajinan Tangan

ide bisnis online untuk pelajar jualan kerajinan tangan
Art and craft photo created by freepik - www.freepik.com

Ide bisnis online untuk pelajar terakhir yakni dengan berjualan kerajinan tangan. Buat kamu yang suka berkreasi dengan membuat karya sulam, aksesoris kalung dan gelang, boneka, hiasan dinding, hingga hiasan meja. Kamu bisa menjual hasil karya kerajinan tanganmu di marketplace. 

Selain membuat kerajinan tangan, kamu juga bisa membuat konten akan proses pengerjaannya yang bisa kamu upload ke YouTube. Lumayan kan, jualan kerajinan tangan sekaligus mengembangkan channel. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel