Contoh Hortatory Exposition Text - Mobile Phone Should be Banned for Students at School

Contoh Hortatory Exposition Text – Ponsel atau yang lebih dikenal dengan smartphone memanglah sebuah terobosan teknologi yang sangat memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-harinya, terutama dalam hal komunikasi. Namun adakalanya teknologi sebagus ini dapat memberikan dampak buruk lho guys. Nah, topik seperti inilah yang bisa dibuat bahan menulis hortatory exposition text.

students and their phone

Students are playing with their phone, via www.wunc.org

Contoh Hortatory Exposition Text tentang Pelarangan Ponsel atau HP di Sekolah

Bagi kalian sobat learners yang sudah berada di bangku SMA pastinya tak asing dengan teks hortatory exposition. Sedikit menyinggung di atas, kebetulan kali ini ContohText akan memberikan salah satu contoh hortatory exposition text mengenai ponsel harus dilarang di sekolah. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai isi dari hortatory exposition text tersebut, simak selengkapnya berikut!

Contoh Hortatory Exposition Text - Mobile Phones should be banned for Students at School

Mobile Phones should be banned for Students at School

Nowadays, mobile phone isn't a fancy thing anymore and almost everyone have it, including students. Most of them also bring their mobile phone everywhere and anytime, even to school. Somehow, it is really helpful sometimes, but it also has some bad effects for students while studying at school.

First of all, mobile phone will easily distract students’ focus on studying. Mobile phones are now featured with a lot of game and multimedia applications for entertainment purposes. If they bring it, no one can guarantee that they won’t play it at class. They will pay less attention to the lesson and ignore their obligation as a student.

Second, students will possibly be heavily dependent on their mobile phone. As we know that latest mobile phones are come with many functional features such as dictionary, calculator, and internet browser. It’s afraid that students will depend too much on their phone in doing every single assignment, for example always using calculator application to do their mathematics tasks or browsing the answer for an essay on internet just to make it easy. It is obviously limit the development of their optimal potential and skill.

Third, mobile phones tend to make students have less social interaction. When students have had their mobile phone on their hand, they possibly only focus on their phone screen and forget about socializing with their friends. Of course, it leads them in having less social interaction or conversation with their friends that may bring bad social effect.

Mobile phone is indeed a good technology to ease people communicates each other but it also comes with bad effects that can’t be preventable if it’s used inappropriately. So, I personally believe that students should not be allowed to have their mobile phone at school property.

Terjemahan Teks Hortatory Exposition - Ponsel Seharusnya tak Diperbolehkan Bagi Siswa di Sekolah

Ponsel Seharusnya tak Diperbolehkan Bagi Siswa di Sekolah

Saat ini, ponsel bukan lagi sebuah hal yang mewah dan hampir setiap orang memilikinya, termasuk para pelajar. Kebanyakan dari mereka bahkan membawa ponselnya kemanapun dan kapanpun, bahkan ke sekolah. Bagaimanapun juga, ponsel terkadang memang sangat membantu, namun ini juga memiliki beberapa efek buruk untuk pelajar saat mereka belajar di sekolah.

Pertama-tama, ponsel akan dengan mudah mengalihkan fokus pelajar saat belajar. Kini ponsel dilengkapi dengan berbagai game dan aplikasi multimedia untuk kebutuhan hiburan. Jika mereka membawanya, tak ada seorangpun yang bisa menjamin bahwa mereka tak akan memainkannya di kelas. Mereka akan kurang memperhatikan pelajaran dan mengabaikan kewajiban mereka sebagai siswa.

Kedua, siswa kemungkinan akan ketergantungan berat akan ponsel mereka. Seperti yang kita ketahui bahwa ponsel terbaru hadir dengan berbagai fitur fungsionalitas seperti kamus, kalkulator, dan peramban internet. Takutnya siswa akan terlalu bergantung pada ponsel mereka dalam mengerjakan berbagai tugas, misalnya saja selalu menggunakan aplikasi kalkulator untuk mengerjakan tugas matematika atau mencari jawaban soal uraian di internet agar lebih mudah. Hal ini jelas membatasi perkembangan dari potensi dan keterampilan optimal mereka.

Ketiga, ponsel cenderung membuat siswa lebih sedikit melakukan interaksi sosial. Saat siswa telah memegang ponselnya, mereka kemungkinan hanya akan fokus pada layar ponsel mereka dan lupa tentang bersosialisasi dengan temannya. Tentu saja ini mengakibatkan mereka kurang berinteraksi sosial atau berbincang dengan teman mereka yang bisa membawa dampak sosial buruk.

Ponsel memang merupakan sebuah teknologi yang bagus untuk mempermudah orang berkomunikasi satu dengan lainnya namun hal ini juga datang dengan efek buruk yang tak terhindarkan jika tak digunakan dengan tepat. Jadi, saya pribadi yakin bahwa siswa tidak diperbolehkan membawa ponsel ke lingkungan sekolah.

Ok, Sobat learners, itulah tadi mengenai salah satu contoh hortatory exposition text tentang ponsel yang harus dilarang di sekolah. Untuk contoh hortatory exposition text atau text genre lainnya, kalian bisa langsung melihat daftar lengkap ContohText pada laman daftar isi atau klik saja label kategori yang telah tersedia di Blog ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel