Penjelasan Comparison Degree Beserta Contoh Kalimatnya

reddish-brown and white eggs

Perbandingan Dalam Bahasa Inggris - Halo sahabat learner, apakah kalian menyadari kalau semua hal di dunia ini sangat beragam? Misalnya saja ukuran; ada yang sama besar dan tidak sama besar, ada yang lebih besar, atau hingga paling besar. Nah, persamaan dan perbedaan tersebut bisa kita deskripsikan dengan menggunakan kalimat perbandingan atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan degrees of comparison.

Penjelasan Perbandingan Dalam Bahasa Inggris Lengkap Dengan Contoh Kalimatnya

Jika dalam bahasa Indonesia kalian telah mengenal kata yang digunakan untuk membandingkan, semisal sama …, lebih …, paling …, begitu juga dalam bahasa Inggris. Perbandingan dalam bahasa Inggris juga memiliki tiga tingkatan yang berbeda, yakni:

  • Positive Degree
  • Comparative Degree
  • Superlative Degree

Positive Degree

Positive degree digunakan untuk perbandingan dalam bahasa Inggris dimana kalian membandingkan dua hal yang memiliki ukuran atau karakteristik lain yang sama. Rumus atau pattern positive degree yaitu as + adjective + as. Misalnya, as big as, as large as, as beautiful as, dsb. Untuk contoh kalimat perbandingan dalam bahasa Inggris dari positive degree bisa kalian lihat di bawah.

  • She is as beautiful as her mother. (Dia secantik ibunya atau Dia sama cantik seperti ibunya.)
  • He is as tall as his father. (Dia setinggi ayahnya.)
  • I was as adorable as your daughter when I was five. (Aku sama menawannya seperti putrimu saat aku berusia lima tahun.)
  • I think this summer will be as hot as last summer. (Aku pikir musim panas ini akan sepanas musim panas yang lalu.)

Bentuk as + adjective + as ini juga dapat digunakan untuk membandingkan dua hal yang berbeda karakteristik satu sama lainnya. Rumus dari bentuk negative-nya yaitu not as + adjective + as. Misalnya, not as small as, not as high as, dsb. Berikut contoh kalimat perbandingan dalam bahasa Inggris dari negative form tersebut.

  • The meal wasn’t as good as the last meal I had there. (Hidangannya tak seenak hidangan terakhir kali aku kesana.)
  • I’m not as fat as him. ATAU I’m not as fat as he is. (Aku tak segemuk dia.)
  • You are not as strong as me. ATAU You are not as strong as I am. (Kau tak sekuat aku.)
  • The price at Cintya’s store is not as expensive as some other grocery stores. (Harga di toko Cintya tak semahal di toko kelontong lainnya.)
  • She is not as beautiful as her mother. (Dia tak secantik ibunya.)

Comparative Degree

Comparative degree ini merupakan perbandingan dalam bahasa Inggris yang digunakan jika kalian ingin membandingkan dua hal yang salah satunya memiliki karakteristik lebih dari yang lain. Untuk rumus comparative degree sendiri ditentukan dari syllable (suku kata) dari adjective yang digunakan.

Secara umum, sebagian besar adjective yang memiliki satu suku kata akan mendapatkan imbuhan –er pada akhir kata. Sedangkan untuk adjective yang memiliki lebih dari tiga atau lebih suku kata mendapatkan tambahan kata “more” di depan adjective tersebut. Untuk lebih jelasnya lihat contoh kalimat perbandingan dalam bahasa Inggris dari comparative degree berikut.

Adjective dengan satu suku kata (one syllable):

  • Andi is taller than Rendi. (Andi lebih tinggi dari Rendi.)
  • I like to sit on pillows because they are softer than hardwood seat. (Aku suka duduk di bantal karena lebih empuk daripada tempat duduk kayu.)
  • I was smarter than him when I was seven. (Aku dulu lebih pintar dari dia saat berusia tujuh tahun.)
  • Cocks are bigger than hens. (Ayam jantan lebih besar dari ayam betina.)

Adjective dengan tiga atau lebih suku kata (three or more syllables):

  • I think our next trip will be more interesting than the previous one. (Aku pikir perjalanan kita selanjutnya akan lebih menarik dari yang sebelumnya.)
  • My old shoes are more comfortable than the new ones. (Sepatuku yang lama lebih nyaman daripada yang baru.)
  • Games can make learning more enjoyable. (Permainan bisa membuat pembelajaran lebih menyenangkan.)

Superlative Degree

Superlative degree merupakan perbandingan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk membandingkan lebih dari dua hal dimana salah satunya memiliki karakteristik lebih dari yang lainnya. Tak berbeda jauh dengan comparative form, rumus degree of comparison untuk superlative form ini juga ditentukan berdasarkan suku kata dari adjective yang digunakan.

Pada umumnya, adjective yang memiliki satu suku kata dapat imbuhan –est pada akhir kata. Sementara untuk adjective yang memiliki tiga atau lebih suku kata dapat tambahan kata “most” tepat sebelum adjective tersebut. Contoh kalimat perbandingan dalam bahasa Inggris untuk superlative form seperti berikut.

Adjective dengan satu suku kata (one syllable):

  • It’s the fastest car in the world. (Ini mobil tercepat di dunia.)
  • Jack is the laziest student in my class. (Jack merupakan siswa paling malas di kelasku.)
  • My grandfather is the oldest person in the town where he lives. (Kakek saya adalah orang paling tua di kota tempat tiinggalnya.)

Adjective dengan tiga atau lebih suku kata (three or more syllables):

  • Indah is the most beautiful girl in my class. (Indah adalah gadis tercantik di kelasku.)
  • What’s the most delicious food you’ve ever eaten? (Makanan apa yang paling nikmat yang pernah kamu makan?)
  • The chair in the corner is the most comfortable one in my class. (Kursi di pojokan paling nyaman di kelas.)

Menentukan Bentuk Adjective Yang Tepat Untuk Comparative Dan Superlative

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika aturan satu dan tiga atau lebih suku kata hanya merupakan common pattern atau pola umum. Jadi pada perbandingan dalam bahasa Inggris terdapat beberapa adjective yang tidak mengikuti aturan di atas untuk bentuk comparative dan superlative-nya.

Kebanyakan adjective dengan dua suku kata menggunakan more (comparative form) dan most (superlative form), tapi ada juga beberapa adjective dengan dua suku kata yang mendapatkan akhiran –er/–est. Bahkan ada beberapa adjective dengan dua suku kata yang menggunakan dua metode tersebut.

Berikut contoh beberapa adjective yang umum menggunakan dua metode tersebut dalam perbandingan bahasa Inggris, baik akhiran dengan penambahan more/most ataupun -er/-est.

adjectivecomparativesuperlative
commonmore common/commonermost common/commonest
handsomemore handsome/handsomermost handsome/handsomest
politemore polite/politermost polite/politest
quitemore quite/quittermost quite/quietest

Jika kalian menemukan dua bentuk yang keduanya dianggap benar, pakailah yang menurut kalian mudah diucapkan dan umum digunakan. Hal ini akan lebih aman karena terkadang akan ada orang yang menganggap hal tersebut kurang tepat hanya karena “terdengar asing” ditelinga mereka.

Akhiran –er/–est juga digunakan untuk adjective dengan dua suku kata, dimana adjective tersebut memiliki akhiran -y, -ow, -le, -er, dan -ure. Jangan lupa juga jika adjective yang memiliki akhiran –y, huruf –y berubah menjadi –i pada bentuk comparative dan superlative-nya. Sebagai contoh perhatikan perubahan adjective berikut.

adjectivecomparativesuperlative
happyhappierhappiest
funnyfunnierfunniest
friendlyfriendlierfriendliest
gentlegentlergentlest
feeblefeeblerfeeblest
narrownarrowernarrowest
shallowshallowershallowest
clevercleverercleverest

Kalian juga bisa menggunakan pola tersebut pada kasus dimana adjective dua suku kata mendapatkan imbuhan/prefix –un. Misalnya saja unhappier (un + happy + er) atau unhappiest (un + happy + est).

Adjective “proper” dan “eager” tidak mengikuti aturan di atas. Jadi kalian hanya bisa menggunakan more/most pada kedua kata tersebut. Untuk adjective lain di luar aturan yang telah di jelaskan di atas, kalian dapat menggunakan more/most, misalnya:

  • more/most active
  • more/most useful
  • more/most recent

Pengecualian Aturan Untuk Beberapa Adjective Dalam Perbandingan

Tidak semua adjective mengikuti aturan umum yang telah kita bahas di atas tadi. Beberapa memiliki bentuk irregular yang memang berada dalam pengecualian. Berikut beberapa contoh umum pengecualian tersebut.

  • Rio is as good as me in math. (Rio sebaik aku dalam matematika.)
  • Rio is better than me in math. (Rio lebih baik dari aku dalam matematika.)
  • Rio gets the best math score in my class. (Rio mendapatkan nilai matematika terbaik di kelasku.)
adjectivecomparativesuperlative
goodbetterbest
badworseworst
littlelessleast

Kata sifat yang dibentuk oleh kata kerja dengan dengan akhiran –ing atau –ed dan bentuk lampau lainnya, selalu menggunakan more/most tidak peduli berapa suku kata yang dimilikinya. Contohnya shocked, shocking, boring, amusing, dsb.

  • His latest film is even more boring than his previous ones. (Film terbarunya bahkan lebih membosankan daripada yang sebelumnya.)
  • He was more shocked than I was. (Dia lebih terguncang dari aku.)
  • That was the most shocking news in 2001. (Itu merupakan berita paling menggemparkan di 2001.)
  • This book has the most amusing story among my books collection. (Buku ini memiliki cerita paling menghibur diantara koleksi buku saya.)
Penjelasan Comparison Degree Beserta Contoh Kalimatnya Penjelasan Comparison Degree Beserta Contoh Kalimatnya Reviewed by ContohText on 4/14/2017 Rating: 5
Powered by Blogger.