Menentukan Urutan Kata Sifat Pada Noun Phrase

book and glassess

Bagi para pemula dalam bahasa Inggris, kalian tentu pernah membaca sebuah kalimat dalam bahasa Inggris yang memiliki lebih dari satu kata sifat yang menjelaskan sebuah benda. Misalnya saja “Raditya Dika is a multitalented short young Indonesian artist”, kalian mungkin bertanya-tanya tentang bagaimana urutan kata sifat tersebut atau malah sedikit kebingungan dengan susunannya, kenapa bisa seperti itu?

Tak selayaknya frasa kata benda dalam Bahasa Indonesia yang kata sifatnya muncul setelah kata benda dan tidak memerlukan susunan yang pasti, sebaliknya frasa kata benda atau noun phrase dalam bahasa Inggris memiliki kata sifat yang muncul lebih dulu dan diikuti kata benda serta memerlukan urutan kata sifat tersendiri agar dianggap benar menurut grammar. Nah, seperti apa urutan kata sifat dalam bahasa Inggris dalam sebuah noun phrase, selengkapnya akan kami jelaskan di sini.

Urutan Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris Pada Noun Phrase

Penjelasan kami berikut ini akan membahas tentang hal yang sering menimbulkan kebingungan bagi para pemula atau pelajar bahasa Inggris, yakni susunan adjective (kata sifat) dan noun (kata benda) pada noun phrase dalam bahasa Inggris.

Pola Kata Sifat Pada Noun Phrase Sederhana Dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, cara utama dalam mendeskripsikan sebuah kata benda (noun) yakni dengan menggunakan kata sifat. Kalian biasanya menambahkannya setelah determiner (a, the, her, his, my, dsb.) dan sebelum kata benda itu sendiri . Kalian bisa menambahkan seberapa banyak kata sifat yang menerangkan kata benda tersebut sesuka kalian, tapi yang perlu diingat yakni kalian harus hati-hati mengenai urutan dimana kamu menggunakannya.

Sebagai contoh, perhatikan tiga noun phrase yang terdiri dari beberapa kata sifat di bawah.

  • a black pencil (sebuah pensil hitam)
  • the best player (pemain terbaik)
  • a small square eraser (sebuah penghapus kecil (berbentuk) kotak)

Kalian juga bisa menggunakan participle (imbuhan pada kata kerja seperti -ing, -ed) sebelum kata benda. Imbuhan –ing atau –ed mungkin telah banyak kalian ketahui akan membentuk kata kerja sesuai tense tertentu, namun untuk penggunaanya dalam noun phrase, bentuk kata kerja tersebut berfungsi untuk menjelaskan, dengan kata lain memang adjective atau berubah jadi “seperti adjective”.

  • her twinkling eyes (binar-binar matanya)
  • a cracked wall (tembok retak)
  • the broken glass (gelas pecah)

Noun phrase juga selain terdiri dari kata sifat dan kata benda, juga bisa dibentuk oleh dua kata benda. kata benda yang muncul di awal biasanya digunakan untuk menjelaskan kata benda utama, contohnya seperti berikut:

  • the school bag (tas sekolah)
  • a tourist paradise (surga pelancong)
  • a garden pond (sebuah kolam taman)

Beberapa Pola Umum Urutan Kata Sifat Pada Noun Phrase Dalam Bahasa Inggris

Nah, jika di atas kalian telah memahami bagaimana aturan grammar bahasa Inggris dalam membuat sebuah noun phrase sederhana (noun + noun/ adjective + noun), lalu bagaimana jika kalian ingin membuat frase kata benda yang memiliki lebih dari dua kata sifat lebih dalam bahasa Inggris?

Banyaknya kata sifat yang ingin dimunculkan kerap kali membuat kita bingung untuk menentukan urutannya. Beberapa pola noun phrase di bawah ini bisa kalian jadikan panduan untuk membantu membuat urutan kata yang benar secara grammar.

1. Noun phrase yang terdiri dari dua kata benda, kata benda pertama merupakan penjelas dari kata benda utama atau akhir dan kata benda tersebut muncul setelah kata sifat.

BenarSalah
a big school busa school big bus
a wonderful garden ponda garden wonderful pond

2. Kata yang memiliki hubungan dekat dengan kata bendanya (noun), semisal berbahan apa (material) atau berasal dari mana (origin), berada dekat noun.

BenarSalah
a black leather jacketa leather black jacket
an antique wooden chaira wooden antique chair

3. “Participle” biasanya muncul di depan kumpulan kata pada pola 1 dan 2, tapi tetap setelah kata sifat (adjective).

BenarSalah
a broken park bencha park broken bench
a smiling Javanese womana Javanese smiling woman
a sweet smiling French girla smiling sweet French girl

4. Kata sifat yang memiliki makna mempertegas, semisal entire, whole, same muncul di awal frasa setelah determiner (entire, whole, same dsb.).

BenarSalah
the entire foreign companiesthe foreign entire companies
the same old wrecked carthe old wrecked same car

5. Kata sifat (adjective) pada umumnya mengikuti pola nomor 3 dan 4. Jadi kata sifat dengan arti yang umum akan muncul lebih dulu, dan kata sifat yang menjelaskan ciri detail dari benda yang bisa dilihat, semisal ukuran dan bentuk muncul belakangan.

Pola umum kata sifat yang ada pada noun phrase seperti berikut kerap diingat dengan singkatan DOSASCOMPN. Penjelasan dan tabel lebih lengkapnya ada di bawah.

Determinera, the, my, their, etc
Opinion (pendapat kalian tentang benda tersebut)lovely, beautiful, adorable, cute, etc.
Sizehuge, big, small, little, etc.
Ageold, new, young, recent, etc.
Shaperound, square, triangular, pointed, etc.
Colorblue, red, yellow, grey, etc.
Origin (asal tempat benda tersebut)Javanese, Japanese, American, Indonesian, etc
Materialwool, plastic, leather, wooden, etc.
Nounbag, boy, girl, man, etc.

Contoh noun phrase dengan menggunakan panduan tabel di atas.

BenarSalah
those lovely cup-shaped pink flowersthose pink cup-shaped lovely flowers
an odd rectangular wooden chesta rectangular odd wooden chest
Menentukan Urutan Kata Sifat Pada Noun Phrase Menentukan Urutan Kata Sifat Pada Noun Phrase Reviewed by ContohText on 4/11/2017 Rating: 5
Powered by Blogger.