Contoh Report Text about Butterfly dan Arti Terjemahannya

Contoh Report Text about Butterfly – Kalian pasti pernah menjumpai serangga dengan sayap cantik ini, entah itu di taman, di kebun, ataupun di halaman rumah dan tempat-tempat lainnya. Yup, kupu-kupu memang bukanlah hewan yang sulit untuk ditemui. Hampir diberbagai tempat tak luput dari jamahan hewan satu ini. Karena hewan ini umum dijumpai, tak jarang banyak pelajar yang ingin membuat kupu-kupu sebagai salah satu bahan teks reportnya sebagai tugas.

butterfly

A butterfly with beautiful and colorful wings, via www.pixabay.com

Jika kamu salah satu diantaranya sedang mencari referensi teks report dalam bahasa Inggris tentang hewan untuk tugas sekolah, berikut salah satu contohnya yang membahas tentang hewan kupu-kupu. Nah, untuk lebih jelasnya, kalian bisa langsung simak contoh report text about butterfly berikut yang tentu lengkap dengan arti terjemahannya.

Report Text about Butterfly dalam Bahasa Inggris

Butterfly

Butterflies are flying insect which have strikingly coloured wings. Their young form is caterpillar. There are thousands different types of butterflies throughout the world.

Butterflies live in most part of the world. Most types of butterflies are native to almost each place on earth, except Antarctica and oceans. They can be found easily in grasslands, highlands, temperate regions, snowy mountains, deserts, and forests.

Butterflies have three main part of body; they are head, thorax, and abdomen. They have three pairs of legs. They have a pair of antennae to help them locating the food source by scent. Butterflies have unique straw-like mouth. It can be curled up below their face and uncoil it when it’s used. On both sides of their head, there are two large compound eyes. These eyes are efficient in detecting movement.

Butterflies have two pairs of wings on their thorax. The fore wings have larger size than the hind wings. Their body, wings, and legs are all coated with dust-like scales. These scales are very vulnerable and easily come off when touched.

Colorful wings of butterfly assist them to find each other. Generally male and female butterflies have different wing patterns. In some types, colorful wings help butterflies to hide from their predators. Some butterflies also have spots on their wings which look like big eyes to scare enemies away.

Adult butterflies feed mainly on flowers nectars. They also help pollination process by spreading pollen grains from flower to flower. Some species suck tree sap and juices from rotting fruits. Some male also suck up salts from mud puddles and decaying animals.

In a single lifespan, butterflies go through four stages of developments: egg, larva or caterpillar, pupa or cocoon, and imago as the final stage. The changing process from a single stage to the next is called metamorphosis.

Arti Terjemahan Teks Report tentang Kupu-kupu

Kupu-kupu

Kupu-kupu merupakan serangga terbang yang memiliki warna sayap yang mencolok. Bentuk muda mereka adalah ulat. Ada ribuan jenis kupu-kupu yang berbeda diseluruh dunia.

Kupu-kupu hidup di hampir sebagian besar bagian dunia. Kebanyakan tipe kupu-kupu merupakan satwa asli untuk hampir sebagian besar tempat di bumi, kecuali Antartika dan samudra. Mereka dapat ditemukan dengan mudah di padang rumput, dataran tinggi, wilayah beriklim sedang, pegunungan bersalju, gurun, dan juga hutan.

Kupu-kupu memiliki tiga bagian tubuh utama, yakni kepala, dada, dan perut. Mereka memiliki tiga pasang kaki. Mereka memiliki sepasang antena untuk membantunya menentukan letak sumber makanan dengan bau. Kupu-kupu memiliki mulut seperti sedotan yang unik. Ini dapat digulung di bawah wajah mereka dan diurai saat digunakan. Di kedua sisi kepalanya, ada dua mata majemuk. Mata ini efisien dalam mendeteksi gerakan.

Kupu-kupu memiliki dua pasang sayap di bagian dada. Sayap depan mereka memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sayap belakang. Tubuh mereka, sayap, dan juga kakinya diselimuti oleh sisik yang menyerupai debu. Sisik-sisik ini sangat rentan dan mudah copot saat tersentuh.

Sayap kupu-kupu yang warna-warni membantu mereka dalam menemukan satu sama lainnya. Pada umumnya jantan dan betina memiliki pola sayap yang berbeda. Dalam beberapa tipe, sayap berwarna membantu kupu-kupu bersembunyi dari pemangsanya. Beberapa kupu-kupu juga memiliki titik di sayap mereka yang terlihat seperti mata besar untuk menakuti musuhnya.

Kupu-kupu dewasa pada utamanya memakan nektar bunga. Mereka juga membantu proses penyerbukan dengan menyebarkan serbuk sari dari bunga ke bunga. Beberapa spesies menyedot getah pohon dan sari dari buah yang membusuk. Beberapa pejantan juga menyedot garam dari kubangan lumpur dan hewan yang membusuk.

Dalam sebuah siklus kehidupan, kupu-kupu melewati empat tahap perkembangan: telur, larva atau ulat, pupa atau kepompong, dan imago sebagai tahap terakhir. Proses perubahan dari tahap satu ke tahap selanjutnya disebut metamorfosis.

Nah, itulah salah satu contoh report text hewan yang membahas tentang kupu-kupu. Untuk menemukan contoh teks report tentang binatang dalam bahasa Inggris lebih banyak lainnya, kamu bisa langsung ke laman daftar isi ContohText atau bisa juga dengan klik report text pada label kategori yang telah disediakan.


Adapted from: butterfly and moth. (2015). Britannica Elementary Library. Encyclopædia Britannica Ultimate Reference Suite. Chicago: Encyclopædia Britannica.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel