Contoh Descriptive Text about Prambanan Temple Singkat dan Terjemahannya

Descriptive Text Singkat tentang Candi Prambanan – Candi merupakan salah satu situs bangunan bersejarah yang dapat ditemukan di nusantara. Salah satu bangunan candi yang lumayan terkenal baik dalam negeri hingga manca negara yaitu Candi Prambanan. Selain karena legenda Roro Jonggrang yang ada di baliknya, kemegahan yang dimiliki candi ini juga turut melambungkan namanya. Jadi, wajar jika Candi Prambanan kerap dijadikan bahan dalam menulis descriptive text about place.

descriptive text singkat Prambanan Temple

The magnificence view of Prambanan Temple, via www.pixabay.com

Nah, buat kamu yang kebetulan sedang mencari contoh descriptive text singkat about Prambanan Temple, berikut ContohText sajikan sebuah teks descriptive mengenai Candi Prambanan atau Prambanan Temple yang tentu saja dilengkapi dengan arti terjemahan untuk memudahkan kalian dalam memahaminya.

Contoh Descriptive Text Singkat tentang Candi Prambanan Lengkap Dengan Terjemahannya

Prambanan Temple

Prambanan Temple or also known as Lara Jonggrang Temple is the largest Hindu temple complex in Indonesia. It is precisely located in about 17 km northeast of Yogyakarta city, Central Java. It was built in 9th century during the reign of Sanjaya dynasty and dedicated to the three main Hindu Gods or Trimurti; Brahma, Vishnu, and Shiva. Its greatness and magnificence attracts many visitors from around the globe every year.

Prambanan Temple was built on a four-square plane. Each plane is separated by four walls with four large gates on the middle as the entrance. The whole temple complex is divided into three major zones; the outer, middle, and inner zone. The outer zone is an open space and the bottommost terrace of the temple. The second area is the middle zone where hundreds of small temples were standing. The last area is the inner zone. It is the holiest and highest terrace of the temple. There are three major temples of Shiva, Vishnu, and Brahma that are standing on the inner zone, together with three small temple of their animal vehicle.

Candi Prambanan

Candi Prambanan atau yang juga dikenal dengan Candi Roro Jonggrang merupakan komplek candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini berlokasi persis di sekitar 17 km timur laut dari kota Yogyakarta, Jawa Tengah. Candi ini dibangun di abad ke 9 selama masa pemerintahan dinasti Sanjaya dan didedikasikan kepada tiga dewa Hindu utama atau Trimurti; Brahma, Wisnu, dan Siwa. Kebesaran dan kemegahannya menarik banyak pengunjung dari berbagai belahan dunia setiap tahunnya.

Candi Prambanan dibangun di atas bidang persegi. Masing-masing bidang dipisahkan oleh empat dinding dengan empat gerbang besar di bagian tengah sebagai pintu masuk. Keseluruhan komplek candi dibagi menjadi tiga zona utama; zona luar, tengah, dan dalam. Zona luar merupakan ruang terbuka dan tingkat paling bawah dari candi. Area kedua merupakan zona tengah dimana ratusan candi kecil yang dulunya berdiri. Area terakhir merupakan zona dalam. Bagian ini merupakan tingkat paling tinggi dan suci dari candi. Terdapat tiga candi utama dari Brahma, Wisnu, dan Siwa yang berdiri di zona dalam, bersama dengan tiga candi kecil dari binatang tunggangan mereka.

Ok, itulah tadi sedikit contoh descriptive text singkat mengenai Candi Prambanan yang bisa kamu jadikan referensi untuk tugas sekolahmu. Buat kamu yang mencari contoh descriptive text singkat tentang tempat, orang, dan binatang lainnya, kamu bisa langsung klik daftar isi ContohText ataupun link kategori dan label yang telah disediakan dalam Blog ini.


Adapted from:

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Prambanan
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Candi_Prambanan
  • Prambanan. (2015). Encyclopædia Britannica. Encyclopædia Britannica Ultimate Reference Suite. Chicago: Encyclopædia Britannica.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel